Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Upaya Disparbud Jabar Geser Wisatawan ke Ciayumajakuning

Wilayah aglomerasi Ciayumajakuning memiliki sejumlah destinasi unggulan di antaranya Palutungan di Kuningan, Situ Cipanten di Majalengka, dan lainnya.
Wisatawan menikmati keindahan alam Kabupaten Kuningan dari kawasan wisata Gunung Ciremai/Bisnis
Wisatawan menikmati keindahan alam Kabupaten Kuningan dari kawasan wisata Gunung Ciremai/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jawa Barat berupaya mendongkrak wisata dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) menjadi unggulan.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan wilayah aglomerasi Ciayumajakuning memiliki sejumlah destinasi unggulan. Di antaranya, Palutungan di Kuningan, Situ Cipanten di Majalengka, dan wisata budaya di Kota/Kabupaten Cirebon.

"Ini supaya mereka itu ada keinginan untuk kembali lagi ke Jabar. Seperti bali kita tidak bosan-bosan datang lagi. Kami harapkan demikian," kata Benny, Rabu (26/6/2024).

Benny menyebutkan ada beberapa faktor yang mendasari pihaknya ingin memajukan wisata di Ciayumajakuning. Pertama, mendukung aktivitas Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Kemudian, mengurai wisatawan yang biasa bertandang ke Bogor maupun Bandung Raya untuk ke datang ke Ciayumajakuning. Setiap akhir pekan maupun momen libur panjang, kedua kawasan tersebut selalu mengalami kepadatan.

Selain itu, ada upaya pemerataan ekonomi bagi masyarakat di wilayah Jabar bagian timur. 

"Daripada mereka bermacet-macetan dari Jakarta empat jam ke puncak, kenapa tidak ke sini (Ciayumajukuning) saja. Hanya dua jam setengah jam atau tiga jam, tapi bisa mendapatkan pengalaman yang sesuai ekspektasi mereka," ujar Benny.

Benny mengajak masyarakat di Jabodatebek dan sekitarnya sering berwisata ke wilayah Ciayumajakuning. Alasan tersebut lantaran wilayah Ciayumajakuning kini memiliki infrastruktur lebih baik, salah satunya terhubung dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) atau Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Wilayah Ciayumajakuning, terutama Cirebon memiliki sejumlah destinasi wisata heritage yang patut dikunjungi. Beberapa objek wisata di antarabya, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, dan Makam Sunan Gunung Jati.

“Potensi ini yang menjadi daya tariknya sendiri. Wisata religinya, kulinernya, sejarahnya. Kalau mau wisata alam ada di Kuningan, Majalengka , Indramayu. Untuk itu, kami Pemda Provinsi Jabar fokus pengembangan wisata Cirebon Raya,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler