Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Investasi Jabar: 21 Guru SMK Kemaritiman di Rebana Bakal Diberangkatkan ke Skotlandia

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya melakukan pertemuan dengan pihak City of Glasgow College untuk menidaklanjuti MoU terkait revitalisasi SMK kemaritiman.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  18:23 WIB
Jelajah Investasi Jabar: 21 Guru SMK Kemaritiman di Rebana Bakal Diberangkatkan ke Skotlandia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemenuhan kebutuhan SDM berkualitas di wilayah Rebana Utara Jawa Barat terus diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satunya dengan merealisasikan kerja sama yang sudah diikat dengan City of Glasgow College.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya melakukan pertemuan dengan pihak City of Glasgow College untuk menidaklanjuti MoU terkait revitalisasi SMK kemaritiman yang ada di Jawa Barat, khususnya di wilayah Rebana. Hasilnya mulai terealisasi.

“Pertemuan Glasgow tadi, rencananya 21 guru SMK akan dikirim untuk beasiswa ini buah kunjungan saya 2019 lalu [ke luar negeri],” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (29/8/2022).

Rencananya ke-21 guru terpilih ini akan mendapatkan pembekalan di Glasgow selama satu hingga dua bulan. Selain revitalisasi SMK kemaritimin, Ridwan Kamil memastikan pemerintah juga sudah menyiapkan politeknik dan lembaga pendidikan lainnya yang akan memenuhi kebutuhan SDM di Rebana. “Jadi ini bukan hanya soal SMK saja,” ujarnya.

Menurutnya pihak Glasgow menaruh perhatian serius pada kondisi ekonomi maritim di Indonesia yang belum maksimal dikembangkan. Menurutnya SDM yang ada di kawasan perikanan dan kelautan saat ini masih berorientasi pada ekonomi daratan. “Bukan ekonomi laut, ini harus diubah pelan-pelan,” ujarnya.

Sebagai negara maritim, Ridwan Kamil menilai ekonomi maritim harus mendapatkan atensi lebih dimana mindset masyarakat harus diubah agar generasi berikutnya bisa lebih memaksimalkan ekonomi maritim.

Pemerintah Provinsi Jabar sendiri mengharapkan setidaknya tiga manfaat atas kerja sama politeknik kemaritiman dengan City of Glasgow College ini. Pertama, kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan kurikulum vokasional industri dan teknologi maritim.

Kedua, ada transfer of knowledge (pertukaran pengetahuan) di bidang maritim, sains, dan teknologi. Ketiga, bantu meningkatkan kapasitas mengajar SMK terkait kemaritiman.

Pengembangan Pelabuhan Patimban pun membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan siap bersaing secara global, sehingga pihaknya berharap kerja sama dengan City of Glasgow College akan meningkatkan kemampuan SDM Jabar, khususnya di sekitar kawasan, dengan kurikulum yang tepat guna mendukung kebutuhan SDM Patimban.

“Karena saya juga tidak mau di masa depan kota ini canggih tapi yang kerjanya bukan orang-orang lokal. Dan urgensinya tahun 2021 sudah direncanakan fisiknya akan dibangun. Kalau tanahnya jauh dari laut, tentunya konsep Politeknik Kemaritiman ini kurang bagus,” tuturnya.

Jelajah Investasi Jabar digelar Bisnis Indonesia perwakilan Bandung terselenggara berkat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, PT Migas Utama Jabar, Bank BJB, PT Jamkrida Jabar, PT IBRM, dan Pemkab Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Metropolitan Rebana ridwan kamil Jelajah Investasi
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top