Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilbup Sumedang: Dony-Fajar Usung 9 Program Unggulan

Dony mengaku visi dirinya untuk Sumedang tahun ini yaitu "Sumedang Simpati Semakin Maju Menuju Indonesia Emas 2045".
Pasangan Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila
Pasangan Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila

Bisnis.com, BANDUNG-- Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir-Fajar Aldila resmi meluncurkan program unggulan untuk periode 2024-2029.

Mengusung tagline "Lanjutkan Sumedang Lebih Maju!", program ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi yang ambisius demi kemajuan Kabupaten Sumedang.

Dony mengaku visi dirinya untuk Sumedang tahun ini yaitu "Sumedang Simpati Semakin Maju Menuju Indonesia Emas 2045".

Menurutnya, visi ini mencerminkan tekad untuk menciptakan Sumedang yang aman, nyaman, dan sejahtera dengan mengedepankan nilai moral keagamaan dan keragaman.

“Tujuan utamanya, yakni mengembangkan daerah yang maju dan berkeadilan dengan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya manusia, alam, serta berbagai sektor,” ungkap dia.

Termasuk di dalamnya sektor pertanian, ekonomi, budaya, dan teknologi ramah lingkungan menuju Generasi Emas 2045.

Sementara itu, untuk misi, Dony mengaku akan melakukan penguatan nilai religius dan Demokratis, artinya Sumedang akan berupaya dalam mewujudkan generasi emas yang produktif dan unggul melalui nilai-nilai religius, ketaatan hukum, dan demokrasi.

Selanjutnya, peningkatan kinerja aparatur, yakni dengan mengoptimalkan tata kelola pemerintahan yang jujur, akuntabel, bebas korupsi, dan berbasis teknologi digital.

Ada juga, percepatan pembangunan infrastruktur meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan wilayah, dan kawasan industri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Peluang Kerja dan Keterampilan yakni dengan memperluas kesempatan kerja dan keterampilan untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan,” ungkap dia.

Reforma Agraria dan Pertanian: Meningkatkan produktivitas pertanian, revitalisasi irigasi, serta mendukung mekanisasi dan alat mesin pertanian guna ketahanan pangan.

Pembangunan Sektor Industri dan Perdagangan, dengan meningkatkan pendapatan pelaku usaha melalui revitalisasi pasar, bantuan teknologi, dan permodalan.

Bantuan Keuangan Desa, yakni meningkatkan bantuan keuangan desa serta mengoptimalkan insentif untuk berbagai pihak terkait.

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, salah satunya dengan meningkatkan program inklusif untuk pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan layanan lansia.

Tidak lupa juga pengembangan Seni dan Budaya, yakni memperkuat peran pelaku seni budaya, komunitas kreatif.

“Selain itu, sektor pariwisata berbasis kekayaan alam dan kebudayaan dalam rangka implementasi SPBS (Sumedang Puseur Budaya Sunda),” ungkapnya.

Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila mengajak seluruh masyarakat Sumedang untuk bergabung dalam visi besar ini.

"Kami berharap, 9 program unggulan ini, dapat membawa perubahan positif dan kemajuan signifikan bagi Kabupaten Sumedang dalam 5 tahun ke depan," kata Dony.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper