Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dony Berpeluang Tetap Unggul Saat Disandingkan dengan Siapapun di Pilkada 2024

Etalase politik di Sumedang masih dihiasi nama-nama lama yang memang sudah masuk dalam radar perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
Dony Ahmad Munir (kanan)
Dony Ahmad Munir (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG — Dua pekan mendatang, nama-nama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang yang dipastikan berkontestasi di Pilkada Serentak 2024 akan mulai disetorkan ke KPU.

Pengamat Komunikasi Politik asal Universitas Padjadjaran (Unpad) Abdul Basith mengatakan hingga saat ini belum ada kejutan di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

“Saat ini dinamikanya masih landai ya,” ungkap dia belum lama ini.

Etalase politik di Kota Tahu ini menurutnya masih dihiasi nama-nama lama yang memang sudah masuk dalam radar perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Yang menarik, kata dia, saat ini incumbent Dony Ahmad Munir masih merahasiakan nama yang akan mendampinginya untuk melaju kembali memimpi Sumedang.

“Saya kira Dony masih menunggu momentum,” katanya.

Namun, ia meyakini Dony saat ini sedang menggodok nama-nama yang akan membantunya untuk memeroleh suara terbanyak di Pilbup 27 November 2024 mendatang.

“Saya yakin, saat ini kerangka koalisi sudah terbentuk, karena sejauh ini memang komunikasi antara partai politik terlihat sudah terlihat,” jelasnya.

Meski demikian, saat merujuk pada sejumlah hasil survei lembaga survei yang telah terverifikasi KPU yang dilakukan sejumlah Parpol, nama Dony santer berpotensi untuk melaju mulus lantaran memiliki rentang keunggulan yang cukup besar dengan bakal calon lainnya.

“Modalnya sudah terlihat, ending kepemimpinan di 2023 itu Dony menorehkan perubahan yang cukup terasa oleh masyarakat dibandingkan kepemimpinan sebelumnya,” ungkapnya.

Sehingga, pertarungan saat ini justru ada di wakil yang akan mendampingi Dony. Pasalnya, saat simulasi yang dilakukan oleh lembaga survei yang belum dipublikasi ke publik menempatkan Dony masih di posisi teratas saat dipasangkan dengan sejumlah nama dengan pelbagai latar belakang.

“Nampaknya, kalau di daerah lain berpasangan dengan artis untuk mendongkrak popularitas untuk akhirnya memeroleh elektabilitas tinggi, tidak demikian dengan Dony, dengan siapapun dia dipasangkan tetap unggul,” jelasnya.

Untuk itu, jika dinamika politik tidak terjadi signifikan di Sumedang, nampaknya Dony tinggal memilih nama yang memang mau bekerja sama dengannya untuk kembali memimpin Sumedang hingga 2029 mendatang.

“Tinggal pilih nama yang mau bekerja bersama untuk Pilkada Serentak dan dipastikan bisa membantu Dony untuk kepemimpinan lima tahun mendatang,” ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper