Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dony Ahmad Munir Kenang Perjuangan 5 Tahun Bangun Wisata di Sumedang

Ada cerita menarik dalam pembangunan konektivitas menuju Kawasan Wisata Bendungan Jatigede ini. Yakni dari Bupati Sumedang periode 2018-2023 Dony Ahmad Munir.
Jalan Lingkar Utara Jatigede dari Pasiringkig sampai Kramat (Cigintung) di sekitar Kecamatan Cisitu.
Jalan Lingkar Utara Jatigede dari Pasiringkig sampai Kramat (Cigintung) di sekitar Kecamatan Cisitu.

Bisnis.com, BANDUNG — Akses menuju Kawasan Wisata Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang kini terus dibenahi. Salah satunya adalah Jalan Lingkar Utara Jatigede dari Pasiringkig sampai Kramat (Cigintung) di sekitar Kecamatan Cisitu.

Akses jalan ini sendiri ditargetkan bisa rampung pada Desember 2024. Ruas jalan yang saat ini sedang dalam tahapan cut and field ini disebut-sebut akan menjadi akses utama selain Warung Ketan (Situraja) yang lebih baik dan lebih leluasa.

Ada cerita menarik dalam proses pembangunan konektivitas menuju Kawasan Wisata Bendungan Jatigede ini. Yakni dari Bupati Sumedang periode 2018-2023 Dony Ahmad Munir.

Menurut Dony, dalam prosesnya memang menbutuhkan perjuangan yang tidak mudah untuk menjadikan aksebilitas menuju ikon wisata Kabupaten Sumedang tersebut terkoneksi dengan baik.

“Alhamdulillah ini dream come true [mimpi jadi kenyataan] sejak 2021 saya menjabat. Kemudian 2022 terus upayakan, 2023 pembebasan lahannya, dan tahun 2024 sudah mulai dibangun,” ungkap Dony yang meninjau kawasan tersebut.

Menurut dia, dengan hadirnya jalan ini maka akan mempermudah aksesibilitas menuju Jatigede lantarsn memiliki lebar jalan yang cukup untuk bus pariwisata menjangkau area tersebut.

“Kalau jalannya baik, tempat wisata akan hidup dan banyak mendatangkan orang sehingga akan menggerakkan ekonomi,” jelasnya.

Meski hanya sebatas akses jalan saja, namun Dony melihat akan ada efek berganda bagi perekonomian di daerah tersebut. Beberapa di antaranya adalah pertumbuhan UMKM, pembukaan lapangan pekerjaan dengan penambahan destinasi wisata

“Sehingga warga Jatigede yang dulu kehilangan mata pencaharian bisa diserap tenaga kerjanya di wisata Jatigede dan wisata itu buruh akses jalan yang bagus,” ungkapnya.

“Dulu ketika Bupati, kami rintis jalan lingkar Utara ini 2 tahap sudah selesai dari eretan sampai Pakagan sudsh bagus. Dari pajagan ke Kramat juga sudhs bagus, sekarang tinggal ke Kramat-Gunungjulang-Pasiringkig,” tambah dia.

Ia juga mengakui perjalanan menuju Kawasan Jatigede ini merupakan napal tilas perjuangannya sebagai Bupati Sumedang selama lima tahun.

"Jadi ini mah hanya sekedar kameumeut [rasa sayang] meskipun sudah tidak jadi Bupati, saya ingin melihat perkembangannya. Saya meyakini nanti dampaknya akan sangat luas bagi kemajuan ekonomi Sumedang terkhusus warga Cisitu, Darmaraja dan Jatigede,” jelasnya.

Selain pembangunan akses tersebut, menurutnya pihak BBWS pun tengah membangun jalan dari Tomo Tolengas sampai ke Cijeungjing (Jatigede).

“Jadi nanti akses Jatigede dari arah kota bisa ke Pasiringkig-Gunungjulang-Kramat. Kemudian dari daerah timur Cirebon-Majalengka-Kuningan bisa melalui Tolengas-Cijeungjing. Sedangkan dari arah Garut-Tasik melalui Wado bisa ke jalan Lingkar Timur Jatigede,” ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper