Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilbup Sumedang: Elektabilitas Dony Ahmad Munir Hampir Sulit Disalip Calon Lain

Bakal Calon Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dinilai menjadi sosok potensial untuk kembali terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.
Dony Ahmad Munir
Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, BANDUNG— Bakal Calon Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dinilai menjadi sosok potensial untuk kembali terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pengamat Komunikasi Politik asal Universitas Padjadjaran (Unpad) Abdul Basith mengatakan, hampir sulit untuk menggeser elektabilitas Dony di Pilkada mendatang. Pasalnya, berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei, menempatkan incumbent ini di posisi teratas.

“Kalau untuk sekarang nampaknya sulit untuk menggeser nama Dony Ahmad Munir dari posisi teratas,” ungkap dia kepada Bisnis, Kamis (8/8/2024).

Menurut dia, ada sejumlah alasan yang membuat Bupati Sumedang masa jabatan 2018-2023 ini mendapat tingkat elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

Pertama, Dony dinilai mampu merubah wajah Kabupaten Sumedang, dari semula unggul dalam hal kebudayaan, kini dalam hal pengelolaan pemerintahan pun diakui di tingkat nasional.

“Banyak inovasi yang lahir di masa kepemimpinan Dony ini, dan kita bisa lihat bagaimana kini SPBE Kabupaten Sumedang ada di tingkat pertama secara nasional, sebelumnya belum pernah,” ungkap dia.

Ia menilai, langkah inovatif Dony dalam menerapkan digitalisasi dalam sistem pemerintahan bahkan sampai direplikasi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah lain.

“Ini menjadi wujud pengakuan terhadap kemajuan Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Kedua, Dony dinilai menjadi sosok yang mampu menyedot perhatian banyak pihak untuk memperhitungkan Kabupaten Sumedang. Salah satunya adalah sistem digital penanganan stunting yang dioptimalkan berdasarkan basis data.

“Kalangan pemerintah pusat, bahkan istana sudah melihat bagaimana perkembangan Sumedang,” jelasnya.

Dan banyak hal yang sudah dilakukan dan dimulai oleh Dony yang sebenarnya ingin dilakukan pemerintah daerah lain. Sehingga akhirnya banyak daerah yang datang ke Sumedang untuk mereplikasi inovasi yang sudah dibuat secara gratis.

Ketiga, ia menilai dari segi pembangunan fisik infrastruktur, banyak yang sudah dilakukan oleh pemerintahan di bawah kendali Dony Ahmad Munir. Sehingga, jika dibandingkan dengan kondisi Sumedang sebelum dipimpin Dony, saat ini perubahannya sangat terasa.

“Akhirnya ini akan membuat keterpilihan Dony terus terjaga karena ada yang terasa oleh warganya saat dipimpin Dony,” jelasnya.

Keempat, Dony menjadi tokoh penting di PPP dan menjadi bagian elit nasional. Hal tersebut terbukti dengan keterlibatan dia dalam desk Pilkada yang pernah diembannya di parta berlambang kabah tersebut.

“Dony ini menjadi sosok penting di partainya dan sudah diakui oleh partai lainnya,” jelasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper