Begin Troys Mundur dari Dirut MUJ, Pemprov Jabar Apresiasi Kinerja 8 Tahun

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kinerja Begin Troys selama memimpin BUMD PT Migas Utama Jabar (MUJ) sejak 2018-2023.
Begin Troys/Bisnis
Begin Troys/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kinerja Begin Troys selama memimpin BUMD PT Migas Utama Jabar (MUJ) sejak 2018-2023.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS membenarkan jika Begin resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Utama PT MUJ. “Kalau alasan mundurnya jangan ke saya,” katanya kepada Bisnis sambil tertawa, Senin (11/9/2023).

Menurut Taufiq BS, kinerja Begin sangat bagus dalam memimpin BUMD yang dibentuk 2015 lalu tersebut. Kinerja positif ini ditunjukan dengan terus naiknya angka dividen dari MUJ pada Pemprov Jawa Barat.

“Kinerjanya bagus, dividennya juga bagus, bisnisnya juga berkembang,” ujarnya.’

Penugasan pemegang saham pada MUJ agar BUMD tersebut mengambil ceruk bisnis pengadaan dan penyewaan mobil listrik juga dinilai sebagai langkah maju. “Renewable energy menjadi fokus MUJ, salah satunya soal mobil listrik,” katanya.

Menurutnya usai Begin mengundurkan diri per 5 September lalu, Pemprov Jawa Barat langsung menunjuk Punjul Prabowo sebagai Direktur Utama MUJ. Punjul sebelumnya adalah Direktur Keuangan dan Umum MUJ.

Sekadar diketahui sejak 2019 MUJ memberikan dividen kepada Pemprov Jabar dengan nilai Rp37 miliar, tahun 2020 Rp38 miliar, tahun 2021 Rp45 miliar dan tahun 2022 Rp54 miliar.  

Direktur Keuangan dan Umum MUJ Punjul Prabowo menyampaikan, MUJ pada tahun 2022 membukukan kenaikan pendapatan menjadi Rp1,3 triliun atau secara persentase tercatat ada kenaikan 28 persen dari tahun sebelumnya.  Ini tidak lepas dari perluasan bidang usaha yang kini merambah ke energi dan sumber daya mineral (ESDM).  

Menurut Prabowo, perolehan tersebut didorong atas peningkatan di semua segmen bisnis energi dalam rangka pengembangan usaha non PI.  

Untuk non PI ini pada 2021 dari pendapatan dikukuhkan Rp93 miliar menjadi Rp195 miliar pada 2022. Secara persentase kenaikan meningkat sampai 210 persen. Sehingga menurut Prabowo untuk pertanggung jawaban kinerja tahun 2022 MUJ akan memberikan kontribusi berupa dividen di atas RPJMD yang ditetapkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper