Jabatan Dirut MUJ Diperpanjang, Dewan Minta Begin Troys Tetap Profesional

Untuk BUMD yang tergolong baru, MUJ sudah mampu memberikan dividen dalam waktu singkat.
Begin Troys/Bisnis
Begin Troys/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG---DPRD Jawa Barat meminta Begin Troys tetap profesional usai diperpanjang masa kepemimpinannya di BUMD PT Migas Utama Jabar hingga April 2028.

Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan untuk BUMD yang tergolong baru, MUJ sudah mampu memberikan dividen dalam waktu singkat. "Dibandingkan BUMD nonperbankan yang lain dalam waktu singkat bisa memberikan dividen," katanya.

Menurutnya Begin dan jajaran direksi MUJ terbukti bekerja serius mengoptimalkan kinerja BUMD holding di sektor energi tersebut. 

"Begin, dia serius, waktu dia bersama-sama MUJ mengusulkan perda terkait perubahan usaha, kita lihat teman-teman berupaya untuk mengoptimalkan MUJ karena ada harapan besar," katanya kepada Bisnis, Rabu (29/3/2023).

Ineu menilai keseriusan Begin terbukti jika membandingkan BUMD lain yang belum maksimal, MUJ dalam tiga tahun terus menaikan setoran dividen. 

Karena itu kepercayaan pemegang saham pada kepemimpinan Begin menurutnya dijawab dengan pembuktian kinerja.

"Kalau lihat Begin, sejak awal paham terkait dengan perkembangan MUJ. Dengan Begin paham kita berharap dalam perkembangannya MUJ bisa lebih maju lagi, bisa dikelola lebih profesional," katanya.

Bicara profesionalitas Begin, Ineu mengaku secara pribadi belum pernah melakukan pembicaraan termasuk ketika dirinya masih menjabat sebagai Ketua DPRD. "Kalau ngobrol pribadi belum pernah, hanya di forum. Saya nggak pernah diundang MUJ juga," tuturnya.

Ineu juga berharap dengan status hukum dan perubahan perda yang dikantongi MUJ, maka BUMD tersebut bisa memberikan kontribusi lebih besar pada Jawa Barat.

"Sebentar lagi ada pembahasan LKPJ akhir masa jabatan, mungkin kita akan lakukan pendalaman lebih pada kinerja BUMD termasuk MUJ, nanti kita lihat lagi apakah MUJ yang sukses soal dividennya apakah sesuai atau tidak?" Katanya.

Terakhir dia mengingatkan agar BUMD seperti MUJ bersikap profesional di tengah tahun politik, terlebih saat ini Gubernur dan Wakil Gubernur sama-sama anggota partai politik. 

"Profesional saja. Fokus pada target yang akan dicapai. BUMD punya tanggung jawab pada masyarakat," katanya.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Jabar Pepep Saepul Hidayat menambahkan pihaknya terus mendorong MUJ untuk menjadi perusahaan yang core utamanya bergerak dalam bidang energi.

"Kan ada rumpun jadi urusan dan MUJ akan menjadi berbagai urusan energi dan energi terbarukan itu akan menjadi warna di MUJ," katanya.

Pepep mengakui kinerja BUMD yang paling diandalkan hingga hari ini masih Bank BJB. "Setelah BJB ada MUJ yang bagus dan sehat perkembangannya," ujarnya.

Meski terus menunjukkan kinerja baik, Komisi III DPRD meminta MUJ fokus di wilayah energi dan energi terbarukan, tidak ditarik ke wilayah yang tidak dikuasai.

"Kami ingin MUJ benar diandalkan bagaimana menangkap peluang dan gagasan yang selama ini belum ditangkap optimalkan di Jabar. Jabar punya sumber energi nonfosil luar biasa dan ini menjadi peluang besar yang bisa kita tangkap. Ini butuh teknologi adaptasi dan berbagai elemen tapi akan celaka jika tidak mempersiapkan secara dini. MUJ harus fokus dalam bidang energi," paparnya.

Dia juga memuji Begin yang bisa membawa MUJ menjadi salah satu BUMD yang mumpuni dalam bidang energi. Menurutnya Begin mampu memanfaatkan disiplin ilmu dan jejaringnya untuk pengembangan BUMD.

"Saya secara pribadi tidak dekat, hanya kelembagaan. Begin Troys ini bagus bisa gerakkan perusahaan ini ke arah yang profesional," katanya.

Tercatat, MUJ pada tahun 2022 membukukan kenaikan pendapatan menjadi Rp1,3 triliun atau secara persentase tercatat kenaikan 28 persen dari tahun sebelumnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper