Ini Alasan Pemegang Saham Perpanjang Jabatan Begin Troys di MUJ

Begin bisa membawa MUJ menjadi BUMD nonperbankan yang terus memberikan setoran dividen pada kas daerah.
Direktur Utama PT MUJ Begin Troys (kanan)
Direktur Utama PT MUJ Begin Troys (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai pemegang saham mayoritas BUMD PT Migas Utama Jabar (MUJ) kembali memperpanjang masa jabatan Direktur Utama PT MUJ Begin Troys dari 1 April 2023-1 April 2028.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS mengatakan Begin bisa membawa MUJ menjadi BUMD nonperbankan yang terus memberikan setoran dividen pada kas daerah. 

“Kemarin dividen [2022] yang diserahkan ke APBD mencapai Rp105 miliar, ini terbesar kedua setelah BJB bagi BUMD yang sahamnya dimiliki Pemprov,” katanya kepada Bisnis, Rabu (29/3/2023).

Langkah MUJ menggarap beberapa lini bisnis baru pun dinilai sudah menunjukkan prospek yang baik, mulai dari pengusahaan migas, PI ONWJ, hingga jaringan gas.

“Sekarang menyiapkan bisnis di energi baru terbarukan, itu dasar dari pemegang saham,” katanya.

Menurutnya Pemprov Jabar sebagai pemegang 100 persen saham MUJ berharap ditunjuknya kembali Begin menjadi Direktur Utama PT MUJ bisa melanjutkan capaian-capaian positif tersebut. “Terlebih perpanjangan ini sesuai ketentuan,” katanya.

Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan (BIA) Setda Jabar Lusi Lesminingwati mengatakan pengangkatan kembali Begin usai RUPST 2022 oleh pemegang saham selain sesuai aturan juga hasil penilaian akhir pemegang saham. 

"Tapi sebelum dilakukan pengangkatan kembali, kami melakukan penilaian dulu,” katanya kepada Bisnis.

Menurutnya sosok Begin selama memimpin sejak 2018-2023 mampu membawa MUJ terus mencapai target bahkan melampaui. 

Bobot yang paling krusial adalah hasil penilaian laporan keuangan oleh kantor akuntan publik (KAP) yang menunjukan MUJ mampu meraih opini wajar tanpa pengecualiaan. “Tiga tahun berturut-turut,” ujarnya.

Jajaran direksi juga patuh menindaklanjuti setiap rekomendasi dari KAP atas laporan keuangan. Di sisi kinerja, Begin dinilai mampu membawa MUJ memenuhi target kontrak kerja yang diberikan pemegang saham. 

“Semua aspek terpenuhi berdasarkan analisa kami, dari sisi tingkat aset, laba bersih, kontribusi dividen, kinerja dan operasional, non operasional, laporan dari komisaris, itu semua sudah terpenuhi,” tuturnya.

Dalam dokumen keputusan pemegang saham di luar rapat umum pemegang saham (circular resolution) PT Migas Utama Jabar tentang pemberhentian dan pengangkatan kembali Direktur Utama, Maret 2023 yang diperoleh bisnis tercatat selama memimpin Begin Troys dinilai memiliki keahlian khusus, prestasi yang sangat baik dan memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper