Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tegas! Pj Sekda Minta ASN dan Direksi BUMD Jabar Nyaleg, Mundur

Pj Sekda Jabar M Taufiq Budi Santoso mengingatkan ASN Pemprov Jabar dan jajaran BUMD untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.
Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar M Taufiq Budi Santoso
Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar M Taufiq Budi Santoso

Bisnis.com, BANDUNG—Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar M Taufiq Budi Santoso mengingatkan ASN Pemprov Jabar dan jajaran BUMD untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Taufiq BS mengatakan menjaga netralitas adalah mutlak bagi ASN dan jajaran BUMD. “Saya pikir itu sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan-undangan Bahwa kita harus neutral Baik itu ASN maupun BUMD,” katanya di Gedunng Sate, Bandung, Selasa (3/10/2023).

Menurutnya jika ada ASN maupun direksi BUMD yang terlibat politik praktis pihaknya akan melakukan peringatan keras untuk tidak melanjutkan. Jika memilih jalan politik pihaknya menyarankan agar yang bersangkutan untuk mengundurkan diri.

“Kalau dia memilih kegiatan partai politik ya dipersilakan untuk [mundur],” ujarnya.

Taufiq melansir saat ini sudah ada jajaran direksi BUMD yang mengundurkan diri karena terlibat dalam partai politik atau maju sebagai calon legislatif. “Sudah ada beberapa ya, cuma saya nggak hapal jumlahnya, tapi ada. Dari BUMD,” katanya.

Sebelumnya Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin meminta agar netralitas ditegakkan. Menurutnya pemilu yang akan dilaksanakan nanti harapannya adil, transparan, dan netralitas ASN maupun TNI/Polri harus dijunjung.  

"Saya yakin dengan kebersamaan kita dan sinergi TNI/Polri, semuanya akan berjalan dengan lancar dan aman," ujar Bey. 

Ia menambahkan, Jabar saat ini yang berpenduduk kurang lebih 50 juta jiwa dan yang bisa menggunakan hak pilihnya sebanyak 35 juta. 

"Artinya kita akan menjadi barometer, maka kita harus bersiap dan yakin bahwa pemilihan umum di Jabar akan berlangsung aman, damai, lancar, dan transparan. Terakhir, mari kita semua bersatu demi kepentingan bersama, yaitu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Saya yakin dengan kerja sama dan partisipasi aktif semua, kita akan mampu menghadirkan pemimpin dan wakil rakyat yang mampu mewujudkan visi dan misi kita untuk masa depan yang lebih baik," harap Bey. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper