Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Angkatan Kerja di Sumedang Dilatih Digital Marketing hingga Budi Daya Domba

Pemerintah Kabupaten Sumedang terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk mencetak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) andal.
BLK di Kabupaten Sumedang melakukan program pelatihan kerja dengan pilihan sub kejuruan, dalam 14 hari.
BLK di Kabupaten Sumedang melakukan program pelatihan kerja dengan pilihan sub kejuruan, dalam 14 hari.

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk mencetak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) andal.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya berkomitmen akan terus melakukan pelatihan terhadap angkatan kerja. Selain untuk mencetak pelaku UMKM andal, juga mempersiapkan tenaga kerja yang bisa bersaing di Kawasan Metropolitan Rebana.

"Kita punya BLK [balai latihan kerja] yang setiap tahun mencetak SDM yang siap kerja," jelasnya, Senin (28/8/2023).

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Kabupaten Sumedang Rita Fitriani mengatakan untuk menciptakan calon tenaga kerja yang terampil dan berkualitas, pihaknya telah menyiapkan puluhan angkatan kerja dari berbagai kalangan usia. BLK melakukan program pelatihan kerja dengan pilihan sub kejuruan, dalam 14 hari. 

Para angkatan kerja tersebut dilatih berbagai keterampilan dasar. Di antaranya, digital marketing, perakitan, pembuatan produk roti dan patisserie, merias wajah, budi daya domba, menjahit pakaian dengan mesin, pembuatan boneka dan pembuatan pupuk organik.

Menurutnya pelatihan diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari warga usia produktif juga keluarga petani tembakau. Menurutnya, UPTD Balai Pelatihan Kerja kata dia mempunyai peranan penting dalam kebijakan pembangunan ketenagakerjaan dengan mendayagunakan segala potensi di bidang ketenagakerjaan. 

"Pendayagunaan ini dilandasi dengan suatu upaya atau ikhtiar kami, untuk peningkatan keterampilan angkatan kerja yang kompeten, dan penyerapan tenaga kerja agar dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang," katanya.

Menurut Rita, masalah ketenagakerjaan saat ini memang kompleks, menyangkut permasalahan pada saat tenaga kerja belum bekerja, sedang bekerja dan setelah mengakhiri hubungan kerja. 

"Maka dari itu, dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil untuk dapat masuk pasar kerja sesuai dengan kompetensi dan ketrampilannya dan menciptakan wirausaha baru yang andal, diharapkan para peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu membangun dirinya sendiri serta memiliki jiwa berwirausaha," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper