Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sili dan Wangi, Harimau Bara Asli Jabar Jadi Maskot Pilkada Serentak 2024

Penamaan maskot Sili dan Wangi ini adalah perpaduan kata dari Siliwangi yang sesuai dengan karakter Harimau Bara asli Jawa Barat.
KPU Jawa Barat meluncurkan maskot Pilkada serentak 2024.
KPU Jawa Barat meluncurkan maskot Pilkada serentak 2024.

Bisnis.com, BANDUNG— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat meluncurkan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Uniknya, KPU Jawa Barat tahun ini memilih maskot Harimau Bara asli Jawa Barat yang diberi nama Sili dan Wangi.

Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni mengatakan penamaan maskot Sili dan Wangi ini adalah perpaduan kata dari Siliwangi yang sesuai dengan karakter Harimau Bara asli Jawa Barat.

"Maknanya menunjukkan kegagahan, kekuatan, sekaligus keramah tamahan masyarakat Jawa Barat," ucap Ummi.

Menurutnya, maskot ini merupakan hasil dari sayembara yang sebelumnya diadakan KPU Jabar. Maskot Sili dan Wangi merupakan gagasan Eman Sulaeman, yang dipilih KPU sebagai pemenang sayembara maskot.

Sementara itu, juga terpilih jingle untuk Pilkada serentak 2024 Jawa Barat yang berjudul 'Suara untuk Jawa Barat,' merupakan karya  Pradea Aldi sebagai pemenang sayembara.

Ummi menuturkan bahwa tema Pilkada Jawa Barat 2024, adalah 'Pilgub Jabar Sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi di Jawa Barat'. 

Melalui tema tersebut, KPU berharap  budaya demokrasi di Jawa Barat dengan sipirit silih asah, silih asih, silih asuh bisa berkembang lebih baik.

Dengan kata lain lanjutnya, ada rasa saling menghargai di dalam perbedaan, tumbuh rasa saling menyayangi sehingga membawa Pilkada Jabar pada suasana riang gembira. Inipun sesuai tagline Pilkada Jabar 2024 yakni 'Pilkada Jabar 2024 Gemilang,' atau Gembira Memilih Langsung.

"183 hari lagi menjelang pelaksanaan Pilkada di Jawa Barat, Pilkada serentak nasional pertama di Jawa Barat. Kita akan melaksanakan Pilgub/ Wagub, pemilihan Bupati/Wabup, dan Wali Kota/ Wakil Wali Kota di 27 Kabupaten/ Kota di Jabar," tutur Ummi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper