Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik di Daop 3 Cirebon Diprediksi H-2 Lebaran 2023

Vice President KAI Daop 3 Cirebon Takdir Santoso mengatakan pada puncak arus mudik diprediksi bakal ada 7.432 penumpang yang turun di wilayah daop tersebut.
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi

Bisnis.com, CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon memprediksi puncak arus mudik di wilayah Daop 3 Cirebon bakal terjadi pada Kamis (20/3/2023) atau H-2 Lebaran 2023.

Vice President KAI Daop 3 Cirebon Takdir Santoso mengatakan pada puncak arus mudik tersebut diprediksi bakal ada 7.432 penumpang yang turun di wilayah daop tersebut.

“Tanggal 19 April itu mulai cuti bersama, sehingga tanggal 20 April banyak orang yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api,” kata Takdir saat ditemui di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jumat (14/4/2023).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, jumlah penumpang kereta api yang turun di stasiun wilayah Daop 3 Cirebon per Jumat ini sebanyak 6.056 orang.

Takdir mengatakan, sepanjang masa angkutan lebaran tahun ini, Daop 3 Cirebon menyedialan 104.864 tempat duduk untuk tujuan Jakarta, Jawa Tengah,  dan Jawa Timur.

Untuk tujuan Jakarta, Daop 3 Cirebon menyediakan 45.760 tempat duduk, Jawa Timur 11.132 tempat duduk, dan Jawa Tengah 38.280 tempat duduk.

“Selama angkutan Lebaran di wilayah Daop 3 Cirebon, akan ada perjalanan 153 KA, dengan rincian KA reguler sebanyak 103 KA, KA tambahan 26 KA, dan KA barang 24 KA,” kata Takdir. 

Daop 3 Cirebon berharap, masyarakat dapat segera memesan tiket jauh sebelum perjalanan. Saat ini, diberlakukan penjualan mulai H-45 sebelum keberangkatan. 

“Seluruh Insan KAI akan memberikan kinerja terbaik, hal tersebut kami upayakan agar kereta api tetap menjadi pilihan favorit masyarakat saat mudik Lebaran,” kata Takdir.

Daop 3 Cirebon mengajak kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini menggunakan jasa kereta api.

Keunggulan perjalanan menggunakan kereta membuat pemudik tidak perlu khawatir lantaran bulan lalu sudah dilakukan inspeksi oleh Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Inspeksi tersebut meliputi, mengecek kesiapan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana; fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia; serta aspek penunjang lainnya.

Juga lokomotif, kereta, jalur, jembatan, serta persinyalan dipastikan dalam kondisi andal dan siap operasi.

Keuntungan lainnya yaitu aksesbilitas, lantaran stasiun yang dimiliki oleh PT KAI menjangkau banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin belum bisa diakses oleh moda transportasi lain. 

Namun Ayep mengimbau masyarakat untuk segera merencanakan perjalanannya dengan baik lantaran ketersediaan tiket perjalanan terus menipis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper