Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Rotan Kabupaten Cirebon Serap Tenaga Kerja 64.725 Orang

Industri rotan di Kabupaten Cirebon masih menjadi unggulan, terbukti mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dibandingkan komoditas industri lainnya. 
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Industri rotan di Kabupaten Cirebon masih menjadi unggulan, terbukti mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dibandingkan komoditas industri lainnya. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja komoditas industri rotan di Kabupaten Cirebon pada 2022 sebanyak 64.725 orang. Angka tersebut naik dibandingkan 2021 sebanyak 63.768 orang. 

Jumlah unit Industri kerajinan rotan di Kabupaten Cirebon terus bertambah dalam lima tahun terakhir ini. Tercatat, pada 2019 ada 1.478 unit, 2020 1.480 unit, 2021 1.502 unit, dan 2022 sebanyak 1.525 unit.

Nilai produksi industri rotan dari Kabupaten Cirebon pada 2022 menembus angka Rp2,38 miliar. Angka tersebut terus mengalami kenaikan sejak sebelum pandemi Covid-19 atau 2019.

Analis Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon Suherman mengatakan komoditas rotan masuk ke dalam 10 besar penyumbang ekspor Kabupaten Cirebon. 

Komoditas tersebut berkontribusi terhadap nilai ekspor sebesar US$62,06 juta atau paling besar dibandingkan lainnya. "Rotan masih menjadi unggulan di Kabupaten Cirebon," kata Suherman di Kabupaten Cirebon, Selasa (14/3/2023).

Pasar langganan industri rotan dari Cirebon yakni, Amerika Serikat (AS), Kanada, Korea Selatan, Jepang, Jerman, Prancis, Belanda, Italia, dan Denmark.

Berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan, Indonesia berada diperingkat ketiga negara pengekspor rotan terbesar di sebesar 6,11 persen di bawah Tiongkok (45,15 persen) dan Vietnam (12,49 persen).

Sentra penghasil kerajinan rotan Kabupaten Cirebon terpusat di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru atau berjarak 9,1 kilometer dari Kantor Bupati Cirebon, Kecamatan Sumber. 

Industri ini tidak hanya dibuat oleh industri besar, melainkan juga oleh industri rumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper