Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Getaci dan Kereta Api Bakal Akselerasi Pembentukan Eksosistem Produsen Pangan Jabar Selatan

Kelengkapan konektivitas akses dari dan menuju Jawa Barat bagian selatan dinilai akan mengakselerasi terbentuknya ekosistem ketahanan pangan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Kelengkapan konektivitas akses dari dan menuju Jawa Barat bagian selatan dinilai akan mengakselerasi terbentuknya ekosistem ketahanan pangan.

Hal tersebut disampaikan Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat Bambang Pramono kepada Bisnis, Senin (19/9/2022).

Menurut Bambang, aksebilitas menjadi sangat menunjang untuk menjamin keterjangkauan harga komoditas pangan. Pasalnya, kata Bambang, variabel cost logistik menjadi salah satu penyumbang inflasi pada komoditas pangan.

"Infrastruktur itu menjadi penting, dengan adanya penunjang infrastruktur maka harga bisa dijamin," kata dia.

Untuk itu, ia mendorong keseriusan pemerintah untuk merealisasikan kelengkapan infrastruktur di Jabar selatan agar mempercepat terbentuknya ekosistem produsen pangan.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Nayottama Kelola Laut Indonesia Wahyudi Sasprihanto menilai saat ini, akses transportasi di Jabar Selatan sudah sangat baik.

"Jalan di sepanjang jalan pesisir selatan ini udah mulus dan bagus," imbuhnya.

Namun, hal ini akan lebih menunjang lagi saat Tol Getaci dan Kereta Api bisa direalisasikan.

Menurutnya, dengan kondisi infrastruktur jalan saat ini saja, sudah baik, maka jika dilengkapi dengan dua penunjang tersebut, maka kelancaran distribusi produk pangan dari Jabar Selatan akan semakin baik.

"Kalau sudah terlaksana, ini akan luar biasa, pintu Tol Getaci kan di Kalipucang, di daerah Pangandaran, ini akan mempermudah distribusi," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper