Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Infrastruktur Ini Dibutuhkan untuk Optimalkan Potensi Perikanan di Jabar Selatan

Pemprov Jabar didorong segera mengoptimalkan potensi perikanan di Jawa Barat bagian selatan baik perikanan tangkap maupun budi daya.
Potensi Jabar bagian selatan/Bisnis
Potensi Jabar bagian selatan/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat didorong segera mengoptimalkan potensi perikanan di Jawa Barat bagian selatan baik perikanan tangkap maupun budi daya.

Pengamat Perikanan asal Universitas Padjajaran (Unpad) Yudi Nurul Ihsan mengatakan sebenarnya Jabar selatan memiliki potensi besar untuk menjadi potensi pendapatan baru. Hal tersebut juga diyakini mampun menjadi solusi untuk kemerataan ekonomi di Jawa Barat.

"Jabar Selatan ini menjadi rumah bagi ikan tuna dan juga sudah pasti kita ketahui adalah lobsternya," ungkap dia kepada Bisnis. 

Terlebih untuk dua jenis komoditas yang melimpah di sana, memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Salah satu solusi yang harus segera dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah membangun infrastruktur pelabuhan.

"Minimal ada satu pelabuhan yang representatif di sana, jadi aktivitas nelayan menangkap ikan kan lebih mudah," jelas dia.

Pasalnya, hingga kini belum ada satupun Pelabuhan yang representatif yang dibangun pemerintah provinsi untuk mengakselerasi potensi ini.

Selain itu, di sektor perikanan budi daya juga tak kalah hebat. Contohnya Tasikmalaya, Ciamis yang terkenal karena ikan nila dan ikan masnya. Dua komoditas ini secara ekosistem sangat cocok dibudidayakan di daerah tersebut.

Kemudian ada juga udang Vaname, yang bisa dikembangkan di sepanjang pesisir pantai selatan dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Tasikmalaya, Cianjur hingga Sukabumi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper