Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

63 Industri Pantau Skill 581 Siswa SMK di LKS Tingkat Provinsi Jabar

Sebanyak 581 siswa sekolah SMK di Jabar akan beradu skill untuk meraih juara di 35 bidang lomba di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Sebanyak 581 siswa SMK di Jabar akan beradu skill untuk meraih juara di 35 bidang lomba di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar Edy Purwanto mengatakan LKS pada tahun ini akan digelar secara daring dimana total peserta dan pendamping sebanyak 1.118 orang. Terbagi 581 peserta dan 537 pembimbing

"Dilaksanakan daring sebab hal tersebut merupakan instruksi pemerintah pusat. Baru tahun depan insya Allah luring. Semua juara 1, 2, dan 3 di tiap bidang lomba akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan," kata Edy di Bandung, Selasa (19/7/2022).

Meski LKS resmi digelar pada 18 Juli mendatang, namun beberapa perlombaan telah dilakukan sebelumnya. Sehingga, beberapa waktu kedepan tinggal melanjutkan sejumlah perlombaan dari peminatan lainnya.

"Pelaksanaan LKS tahun ini didukung 63 dunia usaha dunia dan industri yang terlibat menjadi juri di berbagai bidang lomba," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dedi Supandi optimis pemenang LKS di tingkat provinsi akan mengharumkan nama Jabar di tingkat nasional.

Perwakilan Jabar menurutnya rajin dalam membawa pulang emas dalam LKS sebelumnya.

"Sebab, tahun-tahun sebelumnya, baik saat di NTB maupun Yogyakarta, siswa perwakilan Jabar selalu menorehkan emas di tingkat nasional," ujarnya.

Dedi mengatakan, 1.118 siswa dan pembimbing yang berpartisipasi dalam LKS tingkat Provinsi Jabar ini, terdiri dari Kabupaten dan kota. Momentum LKS ini harus dimanfaatkan para siswa untuk menunjukkan kemampuannya.

"Sehingga, ini bisa dijadikan uji kualitas kemampuan bagi pendidik. Bisa jadi tolok ukur dan menguji efektivitas proses pembelajaran," katanya.

Salah satu peserta LKS Jabar, Revillia Choeruni Yuzka mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan persiapan matang, salah satunya menyiapkan mental untuk berhadapan dengan berbagai dewan juri.

"Guru sangat berperan dalam membimbing saya untuk mengerti materi yang dilombakan dan melatih mental saya," ungkap siswa SMKN 7 Bandung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper