Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Bandung Siapkan Paket Subsidi Pangan untuk Lebaran

Elly menyebutkan paket sembako tersebut berisi beras premium seberat 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, terigu 1 kg dan 1 kaleng daging kornet. Keseluruhan paket ini senilai Rp150.000.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 06 April 2021  |  18:43 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung telah menyiapkan paket subsidi pangan. Nantinya, warga penerima manfaat bisa menebus paket dengan harga murah menjelang Hari Raya Idulfitri mendatang.

Untuk sasaran penerima manfaatnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengaku telah berkoordinasi bersama Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung beserta aparat kewilayahan di tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kita sudah siapkan, ada subsidi kebutuhan barang pokok. Ini salah satu program pelaksanaan janji wali kota dan wakil wali kota untuk menciptakan khusus Bandung Sejahtera,” ucap Elly di Balai Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

Elly menyebutkan paket sembako tersebut berisi beras premium seberat 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, terigu 1 kg dan 1 kaleng daging kornet. Keseluruhan paket ini senilai Rp150.000.

“Nanti dari pemerintah kota akan disubsidi sebesar Rp100.000. Jadi masyarakat penerima manfaat hanya membayar Rp50.000 saja,” ujarnya.

Untuk sasaran penerima paket sembako bersubsidi ini, lanjut Elly, diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Yaitu mereka yang masuk dalam kategori desil 3 dan desil 4 atau hampir miskin dan rentan miskin.

Sedangkan untuk pembagian kuota penerima Elly berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan sesuai dengan jumlah penerima dan sebaran jumlah RT.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinsosnangkis yang memang mempunyai kewenangan DTKS. Penerimanya desil 3 dan desil 4 karena ada berbayar Rp50.000. Data ada semuanya di kecamatan,” jelasnya.

Elly memaparkan, untuk pendistribusian sembako bersubsidi akan dimulai pada pertengahan bulan Ramadan. Jadwal pendistribusian akan diatur secara serempak sesuai dengan pembagian enam eks wilayah di Kota Bandung.

“Dibagikan nanti 10 hari menjelang Idulfitri, jadi akhir april. Selama 6 hari, satu hari satu wilayah akan kita selesaikan pada 2 Mei,” katanya. (k34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top