Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEK Lido Bakal Miliki Destinasi Musik Kelas Internasional

Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jawa Barat di Lido, Bogor resmi dimulai ditandai dengan peletakan batu pertama proyek Lido Music & Arts Center.
Peletakan batu pertama proyek Lido Music & Arts Center/Istimewa
Peletakan batu pertama proyek Lido Music & Arts Center/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jawa Barat di Lido, Bogor resmi dimulai ditandai dengan peletakan batu pertama proyek Lido Music & Arts Center.

Keberadaan fasilitas tersebut diharapkan tak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi, namun bisa melahirkan talenta baru di bidang seni dan musik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan peletakan batu pertama tersebut dilakukan pada Rabu (10/3). Dalam acara tersebut dihadiri Menteri Parekraf Sandiaga Uno; Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo; Bupati Bogor Ade Yasin; Bupati Sukabumi Marwan Hamami, hingga Wali Kota Bogor Bima Arya.

Dedi yang dalam acara mewakili Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa KEK Lido harus bisa memberi dampak bagi pariwisata Indonesia khususnya di Jawa Barat.

“Selain itu, meningkatkan ekonomi kreatif, seni budaya, dan investasi. Music dan Art Center harus dapat menjadi destinasi baru kaum millenial yang menghasilkan talenta berskala internasional di bidang musik dan seni,” kata dia, Kamis (11/3/2021).

Diketahui, kawasan KEK Lido dikembangkan di lahan seluas kurang lebih 3.000 ha. Dedi Taufik menyakatan bahwa berdasarkan keterangan Menparekraf, Sandiaga Uno, setelah pandemi usai, kegiatan di alam bebas akan menjadi prioritas.

Artinya, kegiatan dalam fasilitas Lido Music & Arts Center bisa menjadi salah satu preferensi masyarakat karena diproyeksi sebagai tempat penyelenggaraan musik dan seni berkelas internasional yang ada di Indoneisa.

"Mudah-mudahanan ini bisa memicu geliat ekonomi agar kita bangkit di era digital ini. Fasilitas Music and Arts Center ini berbasis kualitas yang berkelanjutan, dengan basis nature dan culture," terang dia.

“Kami semua mendorong pariwisata di Indonesia khususnya di Jawa Barat, Lido diharapkan menjadi kawasan ekonomi khusus bukan saja sebagai tempat wisata baru, tapi juga mendorong ekonomi kreatif, seni budaya dan wirausahawan yang akan mendorong perekenomian dan investasi di Jawa Barat," ujarnya.

Sementara itu, dalam peletakan batu pertama kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut KEK Lido berpotensi menyerap banyak lapangan kerja bagi warga sekitar dan generasi muda khususnya.

"KEK Lido ini akan menyerap 21.154 lapangan pekerjaan, dan 84.000 lapangan pekerjaan diluar kawasan. Ini adalah motivasi kita untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat. Jadi sekali lagi, saya berharap KEK ini bisa menggerakan ekonomi, tapi yang bersifat inklusif untuk orang-orang sekitar terutama anak-anak mudanya," ujar Sandi.

Diketahui, Lido Music & Arts Center dibangun di atas lahan seluas 5 ha dengan konsep amphitheater. Sehingga menjadikannya tempat festival musik dan seni outdoor terbesar di Indonesia.

Dibangun untuk menampung lebih dari 50.000 pengunjung dalam satu acara, venue ini memiliki 4 panggung berbeda untuk mengakomodasi pertunjukan yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Pembangunan Lido Music & Arts Center ditargetkan selesai pada akhir 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper