Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Berantas Peredaran Narkoba Lewat Pendekatan Budaya

ilustrasi / bandung.bisnis.com
ilustrasi / bandung.bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung berkolaborasi dengan berbagai elemen dalam pemberantasan peredaran narkoba di Kota Bandung. Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Budaya Anti Narkotika Nasional (Buana) untuk memerangi penyebaran bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba)‎ melalui pendekatan budaya.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyatakan, dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba, memang dibutuhkab strategi dan juga kolaborasi dengan berbagai pihak agar upaya tersebut bisa efektif.

"Dalam menghadapi berbagai persoalan di Kota Bandung khususnya narkoba ini mari kita pergunakan tiga pilar utama. LSM ini namanya saja sudah jadi inovasi dan dengan langkah kebudayaan ini sangat bagus sekali," kata Oded, Rabu (22/5).

‎Oded mengungkapkan, kolaborasi dan inovasi dalam tiga pilar utama kebijakannya kini sudah terancang dengan baik. Ia meyakini, melalui instrumen budaya ini mampu lebih dekat menjangkau lapisan masyarakat dalam mengkampanyekan soal bahaya narkoba.

Ia juga berharap, ada langkah desentralisasi untuk bisa lebih mendekatkan kampanye anti narkoba secara masiv di Kota Bandung.

Sementara itu, Direktur Humas LSM Buana sekaligus seniman sunda, Kusye menyatakan, pencegahan bahaya narkoba‎ bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun, masyarakat harus terlibat aktif. Setidaknya menyelamatkan lingkungan terkecil mulai dari keluarga.

"Kita berangkat dari bawah usia dini, anak-anak, dengan peran sebagai seniman dan budayawan memberi imbauan jangan sampai terjerumus. Kita juga sebagai orang tua harus berperan menjaga anak-anak kita," ucap Kusye.

Tandem Kusye dari grup Neo D'Bodor, Benny Syafaat pun ikut terlibat dengan menduduki jabatan sebagai wakil ketua umum di LSM Buana. Benny menyatakan, sejumlah rancangan kesenian tengah dipersiapkan dalam rangka ikut menyuarakan gerakan anti narkoba.

"Dari Buana memberikan kontribusi sedikit membantu bagaimana membasmi narkotika lewat seni budaya. Dengan longser atau apapun dengan misi mengimbau bahaya narkotika, kita juga akan membuat lomba film pendek," tutur Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper