Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lukisan Kristus Karya Leonardo da Vinci Terjual Rp6 Triliun

Lukisan karya Leonardo da Vinci berjudul Kristus "Salvator Mundi" terjual dengan rekor US$450,3 juta di rumah lelang Christie, di New York, Rabu.
Lukisan Leonardo da Vinci berjudul Salvator Mundi/Reuters
Lukisan Leonardo da Vinci berjudul Salvator Mundi/Reuters

Bisnis.com, NEW YORK - Lukisan karya Leonardo da Vinci berjudul Kristus "Salvator Mundi" terjual dengan rekor US$450,3 juta di rumah lelang Christie, di New York, Rabu.

Jumlah uang segitu berarti dua kali lebih besar dari rekor penjualan barang seni sebelumnya. Lukisan itu, yang pada awalnya hanya dihargai US$125, sempat hilang dan baru-baru ini ditemukan kembali.

Lukisan itu karya terakhir da Vinci yang dimiliki perorangan dan diperoleh dari Christie lebih dari empat kali dengan perkiraan harga sekitar US$100 juta.

Harga jual US$450,3 juta (setara Rp6 triliun) dua kali lebih tinggi dibanding rekor harga barang seni, yaitu lukisan Les Femmes D'Alger karya Picasso yang terjual seharga US$179,4 juta pada Mei 2015 lalu.

Salvator Mundi yang berarti Penyelamat Dunia dibeli seorang kolektor tidak dikenal yang melakukan proses pembelian melalui telpon dalam tawar menawar yang berlangsung hampir 20 menit di rumah lelang New York itu.

Lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus tersebut diperkirakan dibuat pada 1500 dan adalah satu dari 20 lukisan era Renaissance yang masih ada.

Pada awalnya lukisan itu merupakan koleksi pribadi Raja Charles I yang dilelang pada 1763 sebelum kemudian raib sampai 1900. 

Menurut Alan Wintermute, spesialis lukisan kuno di Balai Lelang Christie, wajah dan rambut Kristus diberi cat yang lebih tebal dan pada waktu itu dianggap sebagai hal yang lumrah.

Pada 1958, lukisan tersebut dibeli oleh kolektor asal Amerika Serikat di Balai Lelang Sotheby dengan harga sekitar US$126, lalu dijual lagi pada 2005.

Pemilik yang baru mulai melakukan proses restorasi lukisan dan setelah melalukan riset selama enam tahun, dipastikan waktu lukisan tersebut adalah asli sebagai karya da Vinci yang sudah berusia lebih dari 500 tahun.

Lukisan itu dipamerkan pada suatu eksibisi mewah di Galeri Nasional London pada 2011.

Pihak Balai Lelang Christie tidak mengungkapkan identitas penjual, tapi hanya menyatakan seorang kolektor swasta asal Eropa yang mendapatkan lukisan tersebut pada 2005.

Namun media melaporkan identitas penjual tersebut sebagai seorang miliarder Rusia bernama Dmitry Rybolovlev, yang membayar sebesar US$127,5 juta pada 2013 dalam proses penjualan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper