Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batu Berusia 4 Miliar Tahun Laku Dilelang Rp251,6 Juta

Sebuah batu yang berasal dari luar angkasa laku terjual dalam sebuah acara lelang di Swedia dengan harga £14 ribu atau setara Rp251,6 juta beserta sertifikat aslinya.
Batu yang berhasil dilelang/Metro.co.uk
Batu yang berhasil dilelang/Metro.co.uk

Bisnis.com, BANDUNG -- Sebuah batu yang berasal dari luar angkasa laku terjual dalam sebuah acara lelang di Swedia dengan harga £14 ribu atau setara Rp251,6 juta beserta sertifikat aslinya.

Batu yang diperkirakan berumur empat miliar tahun, atau seumur bumi serta berukuran 26x23x17 sentimeter, berat 26,5 kilogram itu pun menjadi barang tertua yang pernah terjual di dunia.

Ditemukan di awal abad ke-20, batu ini terlihat sederhana. Namun, sebenarnya sangat langka dan berharga. Batu ini adalah meteorit besi dari jenis ritus oktahedral, dari koleksi meteorit Muonionalusta yang terkenal di dunia.

Lelang yang diselenggarakan oleh Catawiki ini menarik banyak peminat. Seperti yang diungkapkan seorang manajer Claes Hain: "Lelang semacam ini sangat menyenangkan bagi Catawiki. Meteorit itu, bagaimanapun, adalah sejarah ruang angkasa," katanya seperti dilansir Metro.co.uk

Setiap hari, ratusan ton materi ruang angkasa jatuh ke bumi, namun meteorit, atau potongan batu luar angkasa yang menembus atmosfer bumi mendarat di Swedia setiap dua tahun sekali.

Menyaksikan jatuhnya meteorit sangat jarang terjadi. Dilaporkan setiap tahun, hanya tiga sampai empat kali kejadian itu terjadi di seluruh dunia.

Harga meteorit pun bervariasi tergantung ukuran dan ragamnya. Namun, secara keseluruhan batu luar angkasa dianggap investasi yang bagus, kata rumah lelang Catawiki.

Harga meteorit per gramnya diperkirakan sebesar 40 kali lipat dari harga emas yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi
Sumber : Metro.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper