Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Pangandaran Akan Ditata Lebih Profesional

Yang menjadi PR bersama pihaknya adalah bagaimana mengajak masyarakat Pangandaran untuk bahu membahu bersama-sama membangun pariwiisata.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar

Bisnis.com, BANDUNG--Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar memastikan pariwisata Pangandaran akan ditata lebih profesional.

Benny mengatakan usai dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Pangandaran ada sejumlah target yang ia bawa.

"Banyak yang perlu kami benahi di Kabupaten Pangandaran ini, karena bagaimanapun Pangandaran ini magnet wisata Jawa Barat untuk pesisir yang nota bene akan lebih baik lagi jika dikelola secara profesional," kata Benny, Rabu (25/9/2024).

Menurutnya yang menjadi PR bersama pihaknya adalah bagaimana mengajak masyarakat Pangandaran untuk bahu membahu bersama-sama membangun pariwiisata yang diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

Kurang lebih dua bulan Benny akan menjalankan tugasnya. Waktu yang singkat dengan tantangan yang tidak mudah. Tapi menurutnya, ada poin-poin penting yang menjadi prioritas selama amanah tersebut dia emban.

Fokus pertama adalah menyelesaikan persoalan kemacetan saat libur panjang. Sebagai gambaran, jumlah orang yang mengunjungi Pantai Pangandaran pada H+1 hingga H+3 Lebaran 2024 adalah 101.338 orang, Pantai Batukaras 22.514 orang.

Kemudian, Pantai Karapyak 13.660 orang, Pantai Batu Hiu 4.998 orang, Green Canyon 2.211 orang, dan Pantai Madasari 14.404 orang. Jumlah tersebut adalah potensi yang besar dan dengan pengelolaan yang baik, manfaatnya akan dirasakan oleh warga Kabupaten Pangandara khususnya, umumnya Jawa Barat.

"Ada satu yang memang akan kami fokus adalah penataan di kawasan Pantai Barat. ini kan menjadi sangat penting karena kalau melihat pada saat liburan panjang terjadi kemacetan yang luar biasa. Ini yang kami coba benahi supaya tidak terjadi lagi pada liburan berikutnya. Ini mudah-mudahan menjadi legasi saya mampu menyelesaikan masalah tersebut," harapnya.

Selain itu yang terdekat adalah menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun ini. Dia menegaskan akan berusah berkoordinasi untuk menjaga netralitas ASN dalam Pilkada di Kabupaten Pangandaran, dimana calon erat kaitannya dengan ASN.

"Ini jadi PR kami, akan berkonsolidasi dengan semua ASN karena kandidat ini kan sama-sama, mohon maaf, satu dapat dukungan dari Bupati nya satau lagi mantan ASN. Ini tentunya berpotensi konflik interses di dalam. Mudah-mudahan saya mampu menetralisir ini semua sehingga harapan Pak Gubernur, netralitas ASN bisa dijaga," pungkasnya


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper