Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2024: Luhut Nilai Jabar Berpotensi Jadi Hub Investasi Industri Hi-Tech

Luhut mengapresiasi West Java Investment Summit (WJIS) 2024 yang dihela oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kpw Bank Indonesia Jawa Barat.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Bisnis.com, BANDUNG--Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai peluang Jawa Barat menjadi destinasi utama investasi di bidang teknologi tinggi terbuka lebar karena memiliki keunggulan lebih dibanding provinsi lain.

Menko Luhut mengatakan pihaknya mengapresiasi West Java Investment Summit (WJIS) 2024 yang dihela oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kpw Bank Indonesia Jawa Barat. 

"WJIS adalah inisiatif untuk menarik investor agar berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat," katanya dalam sambutan video di WJIS 2024 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (19/9/2024).

Menurut Luhut, dalam situasi ekonomi global yang penuh tantangan, Jawa Barat bisa menjadi lokasi utama yang dipilih utamanya oleh investor asing. Luhut mengajak seluruh pihak terutama para investor dan pelaku usaha untuk bersama-sama pemerintah menggerakan ekonomi Jawa Barat.

"Jawa Barat berpotensi untuk menjadi hub investasi teknologi tinggi  di Indonesia, didukung oleh lokasi yang strategis, [upah] kompetitif dan tenaga kerja yang mudah beradaptasi," katanya.

Jawa Barat bahkan sudah menjadi destinasi investor global di sektor teknologi, Pemerintah Pusat memberikan dukungan lewat dibangunnya sejumlah inftastruktur mulai dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang tersambung jaringan Tol Trans Jawa dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dan Pelabuhan Patimban, Subang.

"Jawa Barat menjadi kunci investasi sektor otomotif termasuk kendaraan listrik seperti Hyundai, Wuiling di Karawang, kemudian BYD tengah membangun pabrik di Patimban, Subang. Artinya Jawa Barat tengah mengembangkan peran untuk keberlangsungan industri berteknologi tinggi," tuturnya.

Konten ini merupakan bagian pemberitaan dari program Jelajah Investasi Jabar, perjalanan jurnalistik Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat yang didukung oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Bank BJB, XL Axiata, dan Eiger. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper