Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bey Yakin Upaya Pemprov Jabar Mengangkat Bandara Kertajati Berbuah Manis

Bey optimistis seluruh upaya pihaknya untuk mengangkat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka akan berbuah manis.
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (tengah) saat pelepasan tim Jelajah Investasi Jabar di Bandara Kertajati.
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (tengah) saat pelepasan tim Jelajah Investasi Jabar di Bandara Kertajati.

Bisnis.com, BANDUNG—Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin optimistis seluruh upaya pihaknya untuk mengangkat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka akan berbuah manis.

Bey mengatakan seluruh upaya dilakukan pihaknya agar Bandara Kertajati dari sisi keterisian penumpang, rute penerbangan hingga investasi di kawasan seluas 3.200 hektare. 

“Kertajati ini kami terus berusaha agar pertama traffic [penumpang dan penerbangan] naik, disini ada juga aerocity yang terus kami tawarkan ke investor,” katanya kepada Tim Jelajah Investasi Jabar 2024 Bisnis Indonesia, di Bandara Kertajati, Majalengka, Kamis (12/9/2024).

Menurutnya seluruh upaya yang dilakukan sejak Bandara Kertajati beroperasi penuh pada Oktober 2023 lalu tidak akan sia-sia. “Kami yakin usaha ini akan berhasil,” ujarnya.

Salah satu yang positif adalah peluang Bandara Kertajati menjadi hub umrah di Jawa Barat dalam waktu dekat. Menurutnya untuk menjadikan bandara ini sebagai pusat umrah harus dibarengi komitmen yang kuat antara travel umrah dan haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Pemprov Jawa Barat.

“Kami berkomitmen sama-sama memajukan Jawa Barat,” ujarnya.

Komisaris Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dedi Taufik memiliki optimisme tinggi selepas BIJB sukses melayani penerbangan untuk 13.049 jemaah haji yang terbagi ke dalam 30 kloter dengan On Time Performance 100%.

Pesawat jenis Boeing 777-300ER milik maskapai Saudia Airlines yang terkategori Wide Body dengan kapasitas 437 pax berhasil mendarat dengan selamat di panjang Runway 3000 x 60 m. Begitu pula dengan pesawat serupa milik Malaysia Airlines.

Selain hal tersebut, seluruh kegiatan operasional penjemputan jemaah haji, didukung dengan luas area parkir bandara sebanyak 31.800 meter yang memudahkan untuk loading in dan out bus yang mengangkut jemaah haji.

“fasilitas operasional dan fasilitas pendukung di Bandara Kertajati sudah layak. Kami sudah dan terus menjalin kominikasi dengan agen travel umrah. Misinya saling mendukung pertumbuhan ekonomi. Tentu kami juga berupaya menghadirkan rute-rute baru. Selain angkutan penumpang, fasilitas kargo juga akan terus ditingkatkan," kata Dedi Taufik.

Di luar itu, pada 29 September mendatang maskapai Scoot akan membuka rute perdana Bandara Kertajati-Singapura melengkapi 7 rute penerbangan lain yang sudah ada di Kertajati.

Konten ini merupakan bagian pemberitaan dari program Jelajah Investasi Jabar perjalanan jurnalistik Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat yang didukung oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Bank BJB dan XL Axiata.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper