Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didukung Diskominfo Jabar, KPID Gelar Anugerah Penyiaran ke-17

KPID Provinsi Jawa Barat bakal mengumumkan pemenang Anugerah Penyiaran ke-17, sekaligus menggelar konsolidasi isu Penyiaran Berkeadilan.
Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet (kanan)
Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Barat bakal mengumumkan pemenang Anugerah Penyiaran ke-17, sekaligus menggelar konsolidasi isu Penyiaran Berkeadilan.

Penyerahan Anugerah Penyiaran ke-17 ini akan digelar di Trans Hotel, Kota Bandung, Rabu (11/9/2024) dengan total 30 kategori, antaranya program jurnalistik, hiburan, religi, lembaga penyiaran kolaboratif, pemerintah daerah peduli penyiaran dan lain-lain, yang berhadiah total mencapai Rp100 juta.

Anugerah Penyiaran ke-17 ini diikuti oleh 476 lembaga penyiaran di Jawa Barat, baik media televisi maupun radio.

Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet menuturkan Anugerah Penyiaran ke-17 ini merupakan bentuk apresiasi KPID terhadap berbagai pihak yang selalu berupaya mewujudkan penyiaran yang sehat dan berkeadilan.

Selain itu, momentum ini lanjut Adiyana juga menjadi motivasi bagi kembaga penyiaran dan konten kreator untuk menciptakan konten yang berkualitas.

"Anugerah Penyiaran kali ini juga sekaligus sebagai konsolidasi internal lembaga penyiaran, untuk memperjuangkan penyiaran berkeadilan. Jangan sampai lembaga penyiaran yang menggunakan frekuensi publik, tapi ada yang dibiarkan tanpa aturan," kata Adiyana di Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/9/2024).

Di ajang ini turut dikonteskan kategori anyar seperti program siaran kebangsaan, lingkungan hidup dan iklan layanan masyarakat tentang pencegahan stunting. Dimana seperti program siaran berkebangsaan ini merupakan respon dari hasil penelitian KPID dan perguruan tinggi, untuk mengukuhkan nilai Pancasila.

"Sesuai Undang-undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002, lembaga penyiaran adalah corong utama dalam menjunjung tinggi pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, serta memperkukuh integrasi nasional," ucapnya.

Menurutnya dari 30 kategori tersebut berasal dari hasil penilaian dewan juri antaranya Guru Besar Komunikasi Unpad Dian Wardiana, Budayawan Hawe Setiawan dan Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah, memutuskan ada 19 kategori dari 282 karya radio dan televisi.

Plus delapan kategori pilihan KPID Jabar, dua kategori pilihan pemirsa yakni penyiar dan presenter terfavorit dan satu kategori Pasanggiri Duta Penyiaran Jabar.

Pada penyiar dan presenter terfavorit, telah ditentukan pemenang yakni Zanjabilla Kamila dari Radio PRFM dan Amelia Putri dari TVRI Jabar.

Sedangkan Duta Penyiaran Jabar dimenangkan secara urutan, Nurul Aprilia, Alpin Hamzah, Gita Siti Nuraibah, Gheffira Uswatun Hasanah dan Muhammad Haikal.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Viky Edya Martina Supaat menuturkan, semangat mewujudkan penyiaran berkeadilan dari KPID, salah satunya lewat Anugerah Penyiaran ke-17 yang diselenggarakan Rabu 12 September 2024, diharapkan mampu memperjuangkan hak publik.

Penyiaran berkeadilan merupakan tema penting dalam memperjuangkan hak-hak atas perlakuan yang sama antara lembaga penyiaran berbasis terestrial, dengan penyiaran berbasis digital.

"Penyiaran berkeadilan, tidak hanya penting untuk memastikan masyarakat mendapatkan akses yang setara terhadap informasi dan juga sudut pandang yang beragam, tapi juga menjaga integritas nasional dan peran penting media dalam demokrasi," katanya.

Pemprov Jabar berharap, melalui Anugerah Penyiaran dapat menstimulus lembaga penyiaran baik radio maupun televisi, untuk terus berkarya memberikan konten yang edukatif, informatif serta menghibur.

"Atas nama Kadiskominfo Jabar, Pemprov Jabar, kami mengapresiasi kegiatan anugerah penyiaran ke 17 yang diselenggarakan KPID tahun ini. Semoga berjalan lancar dan berdampak baik bagi keberlangsungan penyiaran di Jawa Barat," ucapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper