Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi kelola Lapangan Migas Pabuaran, MUJ Cetak Sejarah

PT Migas Utama Jabar (Perseroda) atau MUJ kembali memperkuat sektor minyak dan gas bersama Pertamina EP (PEP) di Jawa Barat.
MUJ melalui PT MUJI Bangun Pabuaran (MBP) dan PEP melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) Area Operasi (AO) Pabuaran, Kabupaten Subang.
MUJ melalui PT MUJI Bangun Pabuaran (MBP) dan PEP melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) Area Operasi (AO) Pabuaran, Kabupaten Subang.

Bisnis.com, BANDUNG - PT Migas Utama Jabar (Perseroda) atau MUJ kembali memperkuat sektor minyak dan gas bersama Pertamina EP (PEP) di Jawa Barat. 

Penguatan dua korporasi ini dilakukan kembali setelah MUJ melalui PT MUJI Bangun Pabuaran (MBP) dan PEP melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) Area Operasi (AO) Pabuaran, Kabupaten Subang.

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama PT Pertamina EP Wisnu Hindadari, Direktur 4 PT Pertamina EP Muhamad Arifin, dan Direktur Utama PT MUJI Bangun Pabuaran Wisnu Rizkiawan, di Jakarta, Kamis 27 Juni 2024.

Turut menyaksikan Direktur Utama PT MUJ Punjul Prabowo dan Direktur Teknik & Operasi Muhamad Sani.

Direktur Utama MUJ Punjul Prabowo mengatakan, kerja sama MUJ dan Pertamina dilakukan untuk memaksimalkan potensi energi di Jawa Barat melalui lapangan migas yang bisa diserap MUJ sebagai fungsi BUMD bidang energi. 

Area Operasi Migas Pabuaran di Kabupaten Subang, Jawa Barat menjadi satu AO migas yang resmi dialihkan pengelolaannya ke MUJ melalui skema Kerja Sama Operasi (KSO).

“Sejak mandat Participating Interest melalui Permen 37 tahun 2016 kita Raih di tahun l 2018, MUJ kini menunjukan kembali aksi korporasinya melalui Kemitraan dengan Pertamina EP yang sudah sangat berpengalaman di Bidang eksplorasi dan eksploitasi migas,” kata Punjul dalam keterangan resmi MUJ, Jumat (28/6/2024)

Sekadar diketahui, MUJ melalui Permen ESDM Nomor 37 Tahun 2016 telah Mengelola Participating Interest (PI) di Wilayah Kerja (WK) Migas ONWJ Sejak enam tahun lalu.

Permen ESDM menyebut bahwa MUJ dalam Pengelolaan PI akan mendapatkan pengetahuan sekaligus pengalaman Bagi BUMD yang nantinya bisa kelola blok migas. 

“Setelah selama enam tahun ini kita banyak belajar dari Pertamina bagaimana blok migas bisa dikelola. Pabuaran ini area operasi migas yang sudah diluncurkan PEP untuk dikelola dengan skema KSO," katanya.

"Kita MUJ sebagai BUMD Jabar melalui anak Usaha PT MUJ Energi Indonesia (MUJI) ditetapkan sebagai mitra pemenang untuk alih kelola lapangan migas Pabuaran, dan akhirnya hari ini sejarah tercipta dimana BUMD Jabar milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi yang pertama untuk mengelola area operasi migas dengan skema KSO,” tutur Punjul.

Punjul menambahkan, dalam rencana bisnisnya MUJ yang telah bertransformasi menjadi BUMD holding energi terus memperkuat sektor migas maupun non-migas, pun dengan jasa penunjang energi lainnya. 

Ini bisa dilihat dalam sejumlah lini bisnisnya yang sudah dijalankan. “MUJ mengatur strategi untuk terus meningkatkan pendapatannya, salah satunya dengan memperbanyak pengelolaan lapangan migas,” ujar Punjul.

Menurutnya menggarap lapangan migas meningkatkan peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan yang positif bagi Perseroan.

Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi (BIA) Pembangunan Setda Jabar Lusi Lesminingwati mengapresiasi langkah MUJ melalui MUJI dalam kerja sama operasi AO Pabuaran sebagai salah satu komitmen pengembangan usaha non PI.

“Dengan pengelolaan Lapangan Migas Pabuaran tentunya menjadi capaian MUJ sekaligus capaian Jawa Barat karena telah mampu mengelola kekayaan alam sendiri khususnya minyak dan gas bumi melalui kerja sama operasi AO Pabuaran,” ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper