Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Targetkan Produksi 11 Juta Ton Gabah Kering Giling

Pemprov Jawa Barat menargetkan 11 juta ton Gabah kering Giling (GKG) beras agar bisa mencapai swasembada pangan pada tahun ini.
Rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (18/4/2024).
Rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (18/4/2024).

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 11 juta ton gabah kering giling (GKG) beras agar bisa mencapai swasembada pangan pada tahun ini. 

Beberapa permasalahan sudah dipetakan oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin untuk segera dibenahi.

Hal ini mengemuka dalam Rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (18/4/2024). Rapat tersebut dihadiri perwakilan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, kejaksaan, kepolisian, KPPU, hingga guru besar Pertanian Unpad.

Bey Machmudin mengatakan perbaikan tata kelola dan niaga menjadi hal krusial agar tidak ada lagi kelangkaan beras di tengah masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat yang berstatus salah satu lumbung padi nasional.

"Jadi beberapa waktu kemarin kan sempat ada beras naik harga dan susah di berapa ritel. Nah itu kami pikir Jawa Barat sebagai lumbung padi kedua [nasional] itu, kami berharap tahun ini kami perbaiki semuanya termasuk tata kelola, tata niaganya," paparnya.

Penataan pun meliputi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Agro Jabar yang bergerak di sektor pangan dan cadangan pangan.

Bey optimistis target swasembada pangan bisa terealisasi seiring komitmen yang terjalin dari semua bupati dan walikota di Jawa Barat.

Semua pihak sudah mengetahui beberapa tantangan yang harus dihadapi. Di antaranya adalah keberadaan sejumlah Irigasi yang rusak, kemudian ketersediaan pupuk hingga benih.

"Jadi para bupati walikota turun ke lapangan yang nanti pa Sekda saya tugaskan untuk memonitor tiap minggu permasalahan ini dan juga terkait dengan pompanisasi pak Menteri sudah mempersilakan Jawa Barat untuk berapapun kebutuhan ini kita penuhi untuk irigasi sebagai salah satu yang kunci dalam sawah," jelasnya.

Usai mengurai sejumlah masalah pihaknya optimistis 11 juta ton GKG bisa tercapai hingga akhir Desember 2024 ini.

"Targetnya tahun ini 11 juta ton (GKG), ini masih ada waktu sampai Desember kan ya insya Allah tercapai, kita dengan tadi ada juga digitalisasi pemetaan gitu kan bisa terpantau secara bersama-sama untuk memantau perjalanan produksi pangan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper