Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Cirebon Masuki Panen Raya, Bulog Didesak Lakukan Ini

Bupati Cirebon Imron Rosyadi memastikan sebagian lahan pertanian padi di Kabupaten Cirebon sudah memasuki masa panen.
Padi diap dipanen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020). Bisnis/Abdurachman
Padi diap dipanen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron Rosyadi memastikan sebagian lahan pertanian padi di Kabupaten Cirebon sudah memasuki masa panen. 

Imron menyebutkan masa panen di Kabupaten Cirebon seharusnya terjadi pada Maret 2024. Namun, dampak fenomena el nino yang terjadi hingga awal tahun membuat masa tanam baru terealisasi pada Februari 2024.

"Adanya panen ini diharapkan harga beras di Kabupaten Cirebon bisa turun," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Selasa (16/4/2024).

Imron menambahkan, pemerintah daerah meminta kepada Bulog untuk menyerap maksimal produksi beras petani di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Upaya itu untuk menjaga kabupaten tersebut tetap menjadi lumbung padi.

Berdasarkan laporan Kementerian Pertanian, penyerapan Bulog terhadap beras dari Kabupaten Cirebon masih rendah.

"Produksi beras maupun padi dari Kabupaten Cirebon sebagian besar ditopang oleh wilayah Kecamatan Gegesik. Kawasan tersebut kami tetap dorong tetap produktif,” ujar Imron.

Bulog Cabang Cirebon menargetkan penyerapan 41.482 ton beras dalam waktu dekat. Panen padi di sejumlah sentra di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) semakin meluas dan bakal memuncak pada April-Mei 2024.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal mengatakan, di kawasan sentra seperti Kabupaten Indramayu sudah memulai masa panen. Pimpinan pusat mengintruksikan daerah segera melakukan penyerapan beras dalam negeri.

Hal tersebut, kata Imam, berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras.

"Kalau stok dalam negeri sudah ada, kami biasanya juga setop impor," kata Imam.

Imam pun menyebutkan, pengadaan beras dalam negeri itu pun bakal dilakukan setelah masa libur Lebaran 2024. Hal tersebut dilakukan agar penyerapan yang dilakukan oleh Bulog lebih optimal.

"Pengadaan sebenarnya kami lakukan minggu ini, tetapi karena ini menjelang lebaran, kemungkinan setelahnya," kata Imam.

Sejak awal 2024 hingga saat ini, cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di gudang Kantor Perum Bulog Cirebon merupakan beras impor. Penyerapan beras lokal minim akibat mundurnya masa tanam pada awal 2024 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper