Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Ini Sumedang Bakal Kirim Ratusan Lulusan SMA/SMK ke Jepang

Kabupaten Sumedang dipilih Indonesia Japan Business Network (IJBNet) dalam Program Pengembangan SDM untuk dikirim ke Jepang.
Ilustrasi/Freepik
Ilustrasi/Freepik

Bisnis.com, SUMEDANG -- Kabupaten Sumedang dipilih Indonesia Japan Business Network (IJBNet) dalam Program Pengembangan SDM untuk dikirim ke Jepang. Sumedang menjadi salah satu prioritas IJBNet dalam penyaluran tenaga kerja ke Jepang.

"Salah satu yang menjadi alasan kami memilih Sumedang yaitu karena Sumedang sudah memiliki akses jalan Tol yang mempermudah akses kami dalam menyalurkan orang-orang potensial Sumedang ke Jepang," kata Ketua Umum IJBNet Suyoto Rais saat audensi dengan Pj Sekda Tuti Ruswati di Sumedang, Senin (15/01/2024).

Tuti menyebutkan, Pemda Kabupaten Sumedang akan melakukan MoU dengan IJBNet terkait perekrutan tenaga kerja ke Jepang. 

"Kerja sama dengan IJBNet diharapkan menjadi jembatan antara pelaku bisnis dan tenaga kerja, membuka peluang kolaborasi yang menguntungkan dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya saing serta kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Menurut Tuti, tahun 2024 Sumedang akan mengirimkan 200 orang lulusan SMK/SMA yang memiliki keahlian ke Jepang. 

"Kerja sama dengan Jepang ini bukan yang pertama, Pemkab Sumedang sudah melakukan kerja sama dengan Jepang dari tahun 2019. Kerja sama dengan IJBnet ini bisa lebih mengakselerasi dan mengoptimalkan jumlah tenaga kerja yang dikirimkan ke Jepang,” kata Tuti.

Ketua Umum IJBnet Suyoto Rais mengatakan pihaknya akan banyak membantu masyarakat produktif Kabupaten Sumedang untuk dapat bekerja secara profesional di Jepang. 

"Kami sengaja mengajak kerja sama dengan Sumedang karena melihat Sumedang sangat kooperatif dan menyediakan orang-orang sesuai kriteria Jepang," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper