Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Agribisnis Lirik Sumedang, Bakal Tanam Durian dan Petai di Lahan 250 Ha

Kecamatan Tanjungmedar kini dilirik untuk dijadikan kawasan perkebunan terintegrasi untuk tanaman buah bernilai tinggi.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, SUMEDANG --  Kabupaten Sumedang kini mulai diminati oleh investor di sektor agribisnis. Salah satunya adalah di Kecamatan Tanjungmedar yang kini dilirik untuk dijadikan kawasan perkebunan terintegrasi untuk tanaman buah bernilai tinggi.

Camat Tanjungmedar Idi Suhandi mengatakan, di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Subang ini memiliki kontur geografis yang cocok untuk usaha pertanian. Sehingga hal ini yang memancing minat investor untuk berinvestasi di sektor agri bisnis di daerahnya.

Menurutnya, di sepanjang ruas jalan baru yang menghubungkan Desa Kamal dan Wanajaya telah diminati investor dari swasta  yang akan menanam buah-buahan.

 "Ada investor dari swasta yang berminat untuk menanam buah durian, alpukat dan petai seluas 250 hektare. Mudah-mudahan Tanjungmedar ke depan menjadi sentra penghasil buah durian di Sumedang," katanya, Rabu (13/9/2023).

Idi pun bersyukur akses jalan penghubung dari Desa Kamal, Tanjungmedar ke Desa Wanajaya, Surian kini sudah dilakukan betonisasi. Sehingga memermudah aktivitas perekonomian di daerahnya. 

Jalan tembus ini dibangun secara gotong royong manunggal TNI dengan masyarakat melalui program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa. Targetnya dibeton sepanjang 578 meter dan bisa melebihi target menjadi 1.010 meter. 

"Alhamdulillah bisa melebihi menjadi 1.010 meter. Jadi ada penambahan 432 meter. Itu hasil gotong royong masyarakat dengan jajaran TNI," kata Idi.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan perbaikan jalan lainnya, yakni Jalan Pasirhuni-Jingkang akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Melalui program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) 2023 ini Dony berterimakasih lantaran daerah-daerah yang berada di perbatasan dengan daerah lainnya bisa mendapatkan kemudahan akses transportasi.

"Kita akan terus membangun daerah dan yang menjadi atensi masyarakat kita penuhi," tandasnya.

1694583025_a69ad4d6-e4b0-4c0c-b80c-11059bd41764.
1694583025_a69ad4d6-e4b0-4c0c-b80c-11059bd41764.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper