Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Barat Provinsi dengan Pesantren Terbanyak se-Indonesia

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan ribuan pesantren memiliki kemandirian ekonomi usai bergabung dengan program One Pesantren One Product (OPOP).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan ribuan pesantren memiliki kemandirian ekonomi usai bergabung dengan program One Pesantren One Product (OPOP).

Titik berat program pada pesantren setidaknya dilandasi oleh sejumlah fakta terkait kondisi pesantren di Jawa Barat. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat mencatat Jawa Barat tercatat sebagai provinsi dengan jumlah pesantren terbanyak di Indonesia.

Dari 25.938 pesantren di Indonesia, Jawa Barat memiliki jumlah pesantren terbanyak dengan persentase sebesar 31,8 persen. Berdasarkan Open Data Jabar, jumlah pesantren di Jawa Barat pada 2021 mencapai 8.728 pesantren.

Dari angka tersebut baru 8.264 yang mempunyai NSPP (Nomor Standar Pondok Pesantren). Sementara jumlah santri yang mukim dan tidak mukim mencapai 879.183 santri. Kondisi lainnya adalah masih banyak pesantren yang belum terdaftar di Kemenag, diperkirakan jumlah total pesantren sebanyak 12.000.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menaruh perhatian khusus pada pengembangan dan potensi usaha kecil menengah (UKM) yang dibangun pesantren lewat program OPOP. Sasaran dari kegiatan ini adalah pesantren atau koperasi pesantren yang memiliki potensi bisnis atau bisnis yang sudah berjalan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan lewat program tersebut pihaknya gencar melakukan peningkatan kualitas kelembagaan, peningkatan pembiayaan usaha (kredit), peningkatan akses pasar (off taker & promosi), serta dukungan wirausaha pun menjadi arah kebijakan Pemdaprov Jabar demi mendukung tercapainya target UKM naik kelas (scaleup).

“Selain itu, pelatihan dan pendampingan wirausaha serta kegiatan koperasi berkualitas melalui transformasi koperasi di rasa penting di era digital,” katanya.

Menurutnya bisnis UKM dinilai menjadi salah satu solusi yang cukup efektif untuk mengurangi angka pengangguran. Bisnis UKM, adalan pilihan yang tepat bagi anak muda saat dihadapkan dengan pelemahan ekonomi global. 

"Dengan strategi digital dan kreatifitas sebagai identitas kita, Jawa Barat akan jadi provinsi paling progresif dalam small business strategy," tuturnya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah OPOP. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat, Bank BJB, BSI dan XL Axiata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper