Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Amerika ke Jabar Didorong Lebih Besar

Ridwan Kamil mengatakan kunjungan delegasi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia adalah untuk membicarakan peluang peningkatan investasi di Jabar.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  20:43 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim (kiri)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim membicarakan kerja sama Jabar dengan Amerika Serikat. 

Ridwan Kamil mengatakan kunjungan delegasi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia adalah untuk membicarakan peluang peningkatan investasi di Jabar. Pasalnya, potensi Jawa Barat untuk Amerika Serikat mengembangkan investasinya sangat besar. 

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau Kementerian Investasi, Jawa Barat tertinggi realisasi investasi di seluruh Indonesia dengan angka Rp136,1 triliun. Namun, investasi dari Amerika Serikat masih belum menjadi yang pertama di Indonesia. 

"Saya sampaikan kita (Jabar) investasi selalu juara satu dan berharap bisnis dari Amerika Serikat bisa datang lebih besar. Amerika belum masuk ke lima besar (investor)," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (23/2/2022).  

Pria yang kerap disapa Kang Emil menambahkan, sektor ekonomi masih akan menjadi fokus pada peluang kerja sama dengan Amerika Serikat. Meskipun tidak menutup kemungkinan mendatang membahas peluang kerja sama di bidang lain seperti pendidikan dan kebudayaan. 

"Fokus pada ekonomi menjadi prioritas dan alhamdulillah Jawa Barat dipilih sebagai tempat pertama dalam perbincangan untuk peningkatan ekonomi dari Amerika Serikat," kata Kang Emil. 

Ekonomi adalah pintu pertama dan Jabar tidak akan membatasi kerja sama. Setelah itu kerja sama di sektor lain seperti kebudayaan, pendidikan pun akan dijajaki. 

“Dulu sebelum Covid-19 birokrat terbaik kita ada pertukaran program ke Amerika. Saya lobi untuk diadakan (kembali)," imbuh Kang Emil. 

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim mengatakan kedatangannya ke Bandung adalah untuk membahas rencana peningkatan investasi Amerika Serikat di Jawa Barat. Hal ini juga sebagai upaya peningkatan hubungan diplomasi antar dua negara. 

"Saya mendengar dari Pak Gubernur (Ridwan Kamil) rencana besar dan kuat terkait investasi bisnis Amerika Serikat. Saya menantikan untuk bisa bekerja sama dengan Jabar serta memastikan kita bisa memaksimalkan kesempatan kerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat dan meningkatkan hubungan kedua negara (US-Indonesia)," kata Sung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi pemprov jabar dubes as ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top