Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Kujang Bantu Pemenuhan Nutrisi Tambahan untuk Para Nakes

VP Departemen Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pupuk Kujang Cikampek Agung Gustiawan mengatakan, untuk bantuan buah-buahan ini di siapkan 300 paket yang diberikan kepada nakes.
Puskesmas Cikampek mendapat kejutan dari Pupuk Kujang
Puskesmas Cikampek mendapat kejutan dari Pupuk Kujang

Bisnis.com, KARAWANG – Ratusan tenaga kesehatan asal Kabupaten Karawang menangis haru karena banyak pihak yang memberikan perhatian atas kerja keras mereka dalam membantu penanganan Covid-19 di wilayah itu. Perhatian itu, salah satunya datang dari PT Pupuk Kujang Cikampek.

Kepala Puskesmas Cikampek Iin Indriati mengatakan belum lama ini pihaknya mendapat sebuah kejutan dari produsen pupuk itu. Meskipun sifatnya tak seberapa, menurutnya, hadiah ini menjadi sebuah perhatian yang bisa memberi semangat kepada para nakes.

“Kemarin kami mendapat kejutan, berupa kiriman parsel berisi buah-buahan lokal yang kaya akan nutrisi. Kami begitu terharu dan bahagia. Karena, ada pihak yang memerhatikan kami sampai pada pemenuhan nutrisi,” ujar Iin kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Menurut dia, bantuan buah-buahan seperti ini baru kali pertama diterima para tenaga kesehatan. Karena, selama pandemi bantuan untuk nakes tak jauh dari seputaran peralatan kesehatan. Adapun tenaga medis di Puskesmas Cikampek jumlahnya 70 orang. Seluruhnya mendapat parsel buah ini.

“Nutrisi dan vitamin tambahan seperti ini, memang diperlukan tenaga medis untuk memperkuat tubuh. Karena, para nakes ini sangat rentan terpapar penyakit,” jelas dia.

Dia mencontohkan, beberapa bulan yang lalu sejumlah tenaga medis sempat terjangkit corona. Bahkan Puskesmas Cikampek pernah ditutup karena banyak nakes yang positif corona. Namun, perlahan-lahan para nakes sudah pulih kembali.

“Sampai hari ini masih ada dua tenaga medis kami yang menjalani isolasi mandiri. Dengan buah-buahan dari Pupuk Kujang. Mudah-mudahan tenaga medis kami mejadi lebih kuat dan siap siaga bertugas,” kata dia. jelasnya.

Sementara itu, VP Departemen Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pupuk Kujang Cikampek Agung Gustiawan mengatakan, untuk bantuan buah-buahan ini di siapkan 300 paket yang diberikan kepada nakes. Hal itu, dilakukan untuk memberikan nutrisi tambahan kepada nakes, yang menjadi garda terdepan saat melayani masyarakat di situasi wabah corona.

“Bantuan ini, juga merupakan wujud dukungan dalam program Gerakan Buah Nusantara (GBN) yang sedang dicanangkan pemerintah. Program ini, merupakan upaya pemerintah meningkatkan konsumsi buah-buahan lokal yang dikembangkan petani Indonesia,” ujarnya.

Adapun parsel buah ini, disalurkan ke 9 puskesmas di 6 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Cikampek, Kotabaru, Purwasari, Tirtamulya, Jatisari hingga Klari. Bantuan diserahkan langsung tim PKBL dan diterima langsung perwakilan puskesmas masing-masing.

Secara terpisah, VP Departemen Komunikasi Pupuk Kujang, Ibrahim Herlambang menambahkan, bantuan buah-buahan lokal untuk nakes dipandang punya dua sisi strategis. Yakni, menambah imunitas nakes. Selain itu, guna mendongkrak konsumsi buah-buahan lokal Indonesia.

“Nutrisi buah lokal, tidak kalah dengan buah impor. Karenanya, gerakan konsumsi buah lokal harus digelorakan kembali,” ujarnya singkat. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper