Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

17 Hotel di Jabar Tunggu Keputusan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Sejumlah hotel yang diproyeksikan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 di Jawa Barat satu persatu mundur karena lambatnya kepastian skema pembayaran dari Pemerintah Pusat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 September 2020  |  10:47 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Sejumlah hotel yang diproyeksikan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 di Jawa Barat satu persatu mundur karena lambatnya kepastian skema pembayaran dari Pemerintah Pusat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan sejumlah hotel menunggu kepastian cepat dari pemerintah. Namun saat menunggu, banyak pertimbangan muncul sehingga manajemen memutuskan mundur melayani tugas sosial menjadi tempat isolasi.

“Sekarang tinggal 17 [hotel] tapi belum ada keputusan, Gubernur masih rapat dengan Pusat,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (28/9/2020) sore.

Pihaknya yang ditugaskan Gugus Tugas Jabar mendata ketersedian dan kesediaan hotel mengaku manajemen hotel menunggu kepastian segera. Menurutnya jika pemerintah tidak bersikap cepat, kemungkin hotel untuk mundur semakin terbuka. “Diharapkan lebih cepat, takutnya kan mundur lagi,” tuturnya.

Menurutnya dari pendataan yang dilakukan penyebab mundurnya hotel-hotel tersebut antara lain ada yang merasa tidak memenuhi persyaratan yang ditekankan oleh pemerintah. Kedua, karena menjelang akhir tahun maka banyak hotel memutuskan untuk beroperasi komersil. “Akhir tahun ini kan ramai jadi mereka lebih memilih untuk tetap beroperasi biasa,” ujarnya.

Sejumlah hotel juga memilih mundur karena muncul ketakutan dari masyarakat terkait isu kesehatan. Terlebih hotel yang bangunannya bersatu dengan pusat perbelanjaan. Namun Herman menilai manajemen hotel-hotel tersebut lebih banyak menanti kepastian terkait skema pembayaran dibanding alasan lain.

“Artinya nunggu kepastian dari pemerintah, sekarang masih 17 mayoritas di Bandung ada 13 hotel,” paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top