Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Sumedang Siapkan 10 TPH Berkualitas Sambut Iduladha

Pemerintah Kabupaten Sumedang menyiapkan 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha, yang tersebar di wilayah Cimalaka dan juga Sumedang Kota.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  20:03 WIB
Peternak sapi
Peternak sapi

Bisnis.com, BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Sumedang menyiapkan 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha.

Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Emia Apriliandi Hartini mengatakan bahwa ke 10 TPH ini tersebar di wilayah Cimalaka dan juga Sumedang Kota.

Yang membedakan seluruh TPH tersebut dengan TPH lainnya, imbuhnya, adalah pembinaan mengenai tata cara menyembelih hewan dengan baik dan menghasilkan daging yang sehat serta laik jual.

Dia menjelaskan untuk memenuhi kebutuhan pasar, rata-rata satu TPH memotong satu ekor sapi, kecuali untuk hari-hari tertentu seperti jelang lebaran karena permintaan meningkat.

Adapun, jenis sapi yang dipotong selain sapi lokal yang dipelihara oleh petani di Sumedang, yaitu pasokan sapi dari luar daerah terutama daerah Jawa.

"Sebagian besar sapi yang dikonsumsi memang berasal dari pasokan luar daerah karena kalau mengandalkan ternak lokal tidak akan terpenuhi," kata Emilia dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (22/6/2020).

Terkait dengan harga, dia menjelaskan saat ini harga daging sapi di pasaran masih relatif stabil di kisaran Rp120.000 per Kg. Harga tersebut hanya memuncak ketika menjelang puasa ataupun lebaran, mengingat permintaan meningkat sehingga harganya juga ikutan naik hingga Rp130.000 per Kg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iduladha
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top