Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Siapkan 10 TPH Berkualitas Sambut Iduladha

Pemerintah Kabupaten Sumedang menyiapkan 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha, yang tersebar di wilayah Cimalaka dan juga Sumedang Kota.
Peternak sapi
Peternak sapi

Bisnis.com, BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Sumedang menyiapkan 10 Tempat Pemotongan Hewan (TPH) berkualitas dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha.

Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Emia Apriliandi Hartini mengatakan bahwa ke 10 TPH ini tersebar di wilayah Cimalaka dan juga Sumedang Kota.

Yang membedakan seluruh TPH tersebut dengan TPH lainnya, imbuhnya, adalah pembinaan mengenai tata cara menyembelih hewan dengan baik dan menghasilkan daging yang sehat serta laik jual.

Dia menjelaskan untuk memenuhi kebutuhan pasar, rata-rata satu TPH memotong satu ekor sapi, kecuali untuk hari-hari tertentu seperti jelang lebaran karena permintaan meningkat.

Adapun, jenis sapi yang dipotong selain sapi lokal yang dipelihara oleh petani di Sumedang, yaitu pasokan sapi dari luar daerah terutama daerah Jawa.

"Sebagian besar sapi yang dikonsumsi memang berasal dari pasokan luar daerah karena kalau mengandalkan ternak lokal tidak akan terpenuhi," kata Emilia dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (22/6/2020).

Terkait dengan harga, dia menjelaskan saat ini harga daging sapi di pasaran masih relatif stabil di kisaran Rp120.000 per Kg. Harga tersebut hanya memuncak ketika menjelang puasa ataupun lebaran, mengingat permintaan meningkat sehingga harganya juga ikutan naik hingga Rp130.000 per Kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper