Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Taman dengan Fasilitas Keamanan Terkomplet di Bandung

Taman Tongkeng menjadi taman dengan fasilitas paling lengkap di antara 705 taman yang dimiliki Pemerintah Kota Bandung. Taman ini menjadi taman yang pas untuk bermain anak.
Seorang anak bermain di taman dengan fasilitas keamanan terlengkap di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan
Seorang anak bermain di taman dengan fasilitas keamanan terlengkap di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Taman Tongkeng menjadi taman dengan fasilitas paling lengkap di antara 705 taman yang dimiliki Pemerintah Kota Bandung. Taman ini menjadi taman yang pas untuk bermain anak.

Taman Tongkeng berada di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung. Taman ini baru saja diverifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) terkait Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA). Dari skala nilai tertinggi sebesar 455, Taman Tongkeng ini mendapatkan penilaian 425 poin.

Taman Tongkeng dilengkapi CCTV serta dijaga petugas Linmas kelurahan selama 24 jam. Selain itu, di taman dengan luas sekitar 800 meter persegi ini terdapat tombol darurat yang langsung terhubung ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

“Kita pasang CCTV di beberapa titik. Kita pantau setiap hari tidak hanya dari kantor tapi bisa dari handphone. Petugas juga full jaga 24 jam, ada tiga sift,” ucap Edma Ramayanti, Plt Lurah Merdeka.

Soal fasilitas bermain, di Taman Tongkeng tersedia spektrum warna, perosotan, instalasi ban, pipa nagaswara, sound wall, ayunan, jumping step, terowongan liliput, tangga majemuk, jamur haphap dan peek a boo.

Di Taman Tongkeng juga terdapat sejumlah permainan tradisional seperti congklak, egrang, sondah, ular tangga dan bakiak yang arenanya digambarkan di atas areal lapangan futsal. Serta terdapat satu ayunan khusus disabilitas.

“Lantai di arena bermain anak ini juga dibuat dari bahan semacam karet yang empuk, sehingga anak-anak juga aman main di sini. Bagian tembokan juga dibuat tumpul, karena bisa berbahaya buat anak-anak,” jelasnya.

Sebuah perpustakaan mini tersedia dengan sejumlah buku bacaan. Plus, penanda jenis tanaman disertai deskripsi sebagai penunjang bahan edukasi. Lampu berkualitas tinggi dari Dinas Pekerjaan Umum membuat Taman Tongkeng tetap terang saat malam hari.

Taman Tongkeg juga dilengkapi pelang jalur evakuasi beserta pelang sejumlah larangan merokok di kawasan ini. Di ujung sebelah utara taman terdapat markas komunitas hidroponik yang turut memerhatikan kualitas lingkungan tetap asri.

“Di sini masyarakat antusias banget. Kalau sore ini dipastikan ramai, banyak yang datang. Kalau pagi-pagi itu biasa dipakai sama siswa dari beberapa sekolah di dekat sini yang menggunakannya untuk olahraga,” ulasnya.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Agus Hidayat membenarkan bahwa  Taman Tongkeng memiliki fasilitas cukup komplet sebagai tempat bermain anak-anak. Itu sebabnya fasilitas Taman Tongkeng menjadi parameter kualitas taman yang ada di Kota Bandung.

Pihak kementerian merilis 13 persyaratan dalam pengembangan RBRA yang harus dipenuhi yaitu lokasi, pemanfaatan, kemudahan, material, vegetasi, penghawaan udara, peralatan bermain, keselamatan, keamanan, kesehatan dan kebersihan, kenyamanan, pencahayaan, dan pengelolaan.

Selain persyaratan tersebut, ada delapan prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan RBRA yaitu gratis, nondiskriminasi, kepentingan terbaik untuk anak, partisipasi anak, aman dan selamat, nyaman, kreatif dan inovatif serta sehat.

“Taman yang lain juga sudah bagus, tapi dari hasil kajian Taman Tongkeng itu yang paling memenuhi RBRA,” ucap Agus.

Oleh karenanya, Agus menjadikan Taman Tongkeng sebagai referensi untuk memperbaiki kualitas taman yang ada di Kota Bandung. Mulai tahun 2020 mendatang, DPKP3 terus fokus untuk meningkatkan kualitas taman.

“Kemungkinan besar Taman Tongkeng itu akan menjadi acuan. Dengan kualitasnya, Taman Tongkeng akan menjadi rujukan,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper