Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

(web)
(web)

Bisnis.com, BANDUNG - Memiliki rambut sehat tak perlu biaya yang cukup mahal untuk pergi ke salon. Sebab, rambut sehat bisa didapatkan dengan konsumsi makanan terpilih.

Dilansir Boldsky, sejumlah makanan bisa menyehatkan rambut, misalnya, kacang-kacangan dan buah-buahan. Dan berikut 7 makanan yang bisa menyehatkan rambut:

1. Makanan berprotein

Sebagian besar unsur partikel rambut berasal dari protein. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mengonsumsi cukup protein.

Protein alami bisa didapatkan dalam telur, daging merah, susu, hingga kacang-kacangan.

2. Sayuran hijau

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Saat tubuh kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi akan sulit diangkut ke akar rambut, sehingga akan merusak folikel dan menghambat pertumbuhan rambut.

Untuk mengatasinya, perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, brokoli, seledri, dan sayuran hijau lainnya.

3. Jeruk dan lemon

Lemon dan jeruk nipis juga sangat baik untuk mengatasi kerusakan rambut. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu penyerapan zat besi sehingga mendorong produksi kolagen yang berkhasiat untuk memperkuat batang rambut.

Bukan itu saja, menggunakan sari lemon atau jeruk nipis pada kulit kepala juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat kaya akan asam lemak omega-3. Zat tersebut bertanggung jawab untuk menyuburkan, sekaligus memberi volume pada rambut.

Tak hanya itu, mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah dan kacang mede sebagai camilan juga diklaim dapat membantu proses penurunan berat badan.

5. Makanan bervitamin A dan E

Menyantap buah dan sayur yang kaya akan vitamin A dan E juga berkhasiat untuk menyehatkan rambut. Kedua zat tersebut dipercaya dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut dan menjaganya agar senantiasa sehat.

Bukan itu saja, vitamin A dan E juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan folikel rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

6. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung zat antioksidan yang disebut beta karoten, yang dapat membantu menjaga rambut agar tidak kering.

Beta karoten tersebut juga sangat ampuh untuk merangsang kelenjar di kulit kepala Anda untuk memproduksi sebum (cairan minyak), sehingga rambut tidak mudah kering.

7. Air kelapa

Air kelapa diperkaya dengan zat kalium dalam bentuk elektrolit yang dapat membantu mencegah tubuh dari risiko dehidrasi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung lemak sehat, vitamin E, vitamin K, dan mineral yang sangat berguna untuk menutrisi rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala agar tidak mudah kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper