Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Januari 2018, Jumlah Kunjungan Wisman ke Jabar Turun 36,11%

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat pada Januari 2018 mengalami penurunan sebesar 36,11%.
(antara)
(antara)

Bisnis.com, BANDUNG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat pada Januari 2018 mengalami penurunan sebesar 36,11%.

Berdasarkan data BPS Jabar, jika pada bulan Desember 2017 lalu tercatat jumlah kunjungan wisman ke Jabar mencapai 17.766 orang, maka bulan Januari 2018 menurun menjadi 11.351 orang.

"Angka ini sebenarnya masih attractive, cukup besar dan menguntungkan dari pola musiman. Desember kan musim libur jadi wajar Januari ini angkanya agak menurun dari Desember 2017," kata Kepala BPS Jabar Dody Herlando, Kamis (1/3).

Menurut Dody, angka kunjungan tersebut berasal dari kunjungan wisman yang datang melalui Bandara Husein Sastranegara. Bila ditambah dengan wisman yang datang melalui pelabuhan Muarajati Cirebon, seluruhnya menjadi 11.488 orang. "Dari Muarajati adalah crewa kapal sebanyak 137 orang," kata dia.

Berdasarkan asal negara, kata dia, wisman Malaysia dan Singapura menjadi penyumbang kunjungan terbanyak masing-masing 8.076 dan 1.699 wisman. Namun, keduanya mengalami penurunan dari bulan sebelumnya.

"Wisman asal Malaysia menyumbang hampir 73,63 persen sedangkan wisman Singapura 15,48 persen. Ini karena pengaruh direct flight atau penerbangan langsung ke Bandung," kata Dody.

Adapun selain wisman asal Malaysia dan Singapura, yang mengalami penurunan berasal dari Philipina, India, dan Tiongkok. Sementara peningkatan terjadi pada wisman asal Thailand, Jepang, Korea selatan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, Prancis, dan Arab saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper