Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Tukar Petani Jabar Februari 2018 Naik Tipis

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat nilai tukar petani (NTP) Jawa Barat pada Februari 2018 mencapai 109,27 atau naik tipis sebesar 0,3% dibanding Januari 2018 lalu yang tercatat 109,25.
(bisnis-jabar.com)
(bisnis-jabar.com)

Bisnis.com, BANDUNG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat nilai tukar petani (NTP) Jawa Barat pada Februari 2018 mencapai 109,27 atau naik tipis sebesar 0,3% dibanding Januari 2018 lalu yang tercatat 109,25.

Kepala BPS Jabar Dody Herlando mengatakan, kenaikan NTP tersebut disebabkan indeks harga yang diterima petani naik 0,23% sementara indeks harga yang dibayar petani hanya mengalami kenaikan sebesar 0,20%.

Adapun empat dari lima subsektor pertanian mengalami kenaikan NTP. Kenaikan tertinggi terjadi subsektor Perikanan yang mencapai 1,81%. Diikuti subesektor Tanaman Perkebunan Rakyat 0,31%, subsektor Peternakan 0,26%, dan subsektor Hortikultura 0,09%.

"Sementara hanya subsektor Tanaman Pangan mengalami penurunan NTP sebesar 0,40% sehingga menjadikan kurang kondusif," kata Dody Herlando, Kamis (1/3/2018).

Kenaikan NTP pada Februari, merunut data BPS, tidak lepas dari kenaikan rata-rata harga gabah kering giling (GKG) di tingkat petani. Namun demikian, harga gabah kering panen (GKP) mengalami penurunan yang signifikan.

Selama Februari, rata-rata harga GKP di tingkat petani Jawa Barat Rp5.827 per kilogram. Kemudian rata-rata harga GKG Rp6.706 per kilogram. Harga GKP di tingkat petani tersebut turun 5,20% dibanding harga gabah kualitas yang sama pada bulan sebelumya.

"Sementara, rata-rata harga GKG di tingkat petani naik 2,57% dibanding harga gabah kualitas yang sama pada bulan sebelumnya," ujar Dody.

BPS juga mencatat, untuk harga beras premium di tingkat penggilingan mencapai Rp11.794 per kilogram atau turun 0,43%, beras medium mencapai Rp11.143 per kilogram atau turun 1,83%, dan beras kualitas rendah mencapai Rp10.500 per kilogram atau turun 7,41%.

"Namun dilihat dari sebarannya, NTP Jabar masih terbilang baik dibandingkan Jawa Timur dan Jawa tengah," kata Dody.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper