Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow! Uang Langka Ini akan Dilelang dengan Harga Fantastis

Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 20 November 2017  |  09:20 WIB
Daily Mail
Daily Mail

Bisnis.com, NEW SOUTH WALES - Sebuah uang kertas langka keluaran 1920 akan dilelang dengan harga fantastis dan diperkirakan akan terjual lebih dari 70 ribu dolar Australia atau sekira Rp704 juta dalam pelelangan di New South Wales, Australia.

Uang kertas langka bernilai 5 Shilling itu sangat bernilai tinggi lantaran hanya ada satu dari empat yang tersisa. Sebelumnya, ada satu juta lembar uang kertas jenis itu yang dicetak, namun akhirnya dibakar oleh pemerintah setempat.

Penjualan ini merupakan bagian dari lelang yang diperkirakan senilai 3,5 juta dolar Australia atau setara Rp35,2 miliar di Perpustakaan Negara bagian NSW, yang digelar oleh perusahaan perdagangan uang Noble Numismatics.

Pada mulanya, uang kertas itu pertama kali berlaku saat Perang Dunia I. Saat itu, harga perak melambung tinggi. Pemerintah Australia mencetak banyak uang itu karena khawatir masyarakat akan menimbun uang koin shilling karena material peraknya.

Namun, setelah harga perak menurun seiring meredanya perang, uang kertas itu dibakar pada 1922 untuk dimusnahkan. Namun, empat lembar uang itu muncul kembali pada 1993.

Pemiliknya sendiri adalah Wakil Menteri Keuangan Australia, C.J Cerutty. Cerutty melelang satu lembar uang tersebut sementara tiga lembar lainnya dijual secara pribadi.

Pendiri Noble Numismatics Jim Noble mengatakan bahwa uang itu adalah satu yang berharga untuk dimiliki dan mempunyai sejarah panjang yang tak terduga.

"Momen lainnya ketika mereka memusnahkan banyak uang kertas adalah saat mereka menghancurkan tumpukan uang senilai 1.000 pound pada 1960," kata Noble, dilansir Daily Mail.

Lelang akan berlangsung empat hari, yakni pada Selasa 21 November besok hingga 24 November. Pelelangan juga akan berlaku bagi berbagai mata uang lainnya yang dinilai cocok bagi kolektor.

Adapun di antara semua barang yang didaftarkan di website Noble Numismatics, terdapat mata uang asing Elizabeth I seharga 35 ribu dolar Australia, sebuah koin George V seharga 45 ribu dolar Australia, dan sebuah uang kertas senilai 10 pound 1925 seharga 40 ribu dolar Australia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jagat aneh bandung

Sumber : Daily Mail

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top