Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perum Jasa Tirta II Optimalkan Pengelolaan Sumber Daya Air

Perum Jasa Tirta II terus mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan dan kemakmuran rakyat.
Waduk Jatiluhur/Bisnis-Novianti
Waduk Jatiluhur/Bisnis-Novianti

Bisnis.com, JATILUHUR - Perum Jasa Tirta II terus mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan dan kemakmuran rakyat.

Direktur Perum Jasa Tirta II Sumyana Sukandar mengatakan air adalah kebutuhan primer mahluk hidup yang harus dijaga keberlangsungannya.

"AMDAL pun harus diperhatikan," ujar Sumyana pada, Selasa (7/3/2017) pada acara Media Gathering & Workshop 2017.

Sumyana menambahkan Perum Jasa Tirta II melaksanakan beberapa tugas pokok dalam rangka mengoptimalkan sumber daya air tersebut antara lain pemeliharaan prasarana pengairan dan ketenagalistrikan, pengusahaan air, sumber-sumber air dan ketenagalistrikan, pengelolaan daerah aliran sungai berupa perlindungan, pengembangan dan penggunaan air serta sumber air dan rehabilitasi energi baru dan terbarukan.

"Adapun bidang usaha Perum Jasa Tirta II, yaitu bidang usaha pelistrikan, irigasi, air baku, daerah aliran sungai, kepariwisataan dan usaha lain-lain," tambahnya.

Di bidang usaha pelistrikan, Perum Jasa Tirta II memproduksi listrik rata-rata 826 kWh per tahun. Sementara itu, di bidang usaha pengelolaan irigasi, Perum Jasa Tirta II mengupayakan penyediaan rata-rata 5,75 miliar m3 setiap tahun.

Lain halnya di bidang usaha air baku, Perum Jasa Tirta II menyediakan dan menyalurkan air baku dari sumber-sumber air bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten, Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya serta air baku untuk kawasan industri.

Sementara itu, di bidang usaha daerah aliran sungai, Perum Jasa Tirta II mempunyai kawasan pengelolaan dalam batas-batas aliran sungai serta melaksanakan kegiatan operasi dan pemeliharaan prasarana sumber daya air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper