Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omega 3 Bisa Halau Alzheimer

Asam lemak omega-3 tak jenuh dari ikan bisa menghalau amiolid-beta peptida, salah satu pemicu munculnya penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi dari Universitas Macau.
Omega 3/Livestrong
Omega 3/Livestrong

Bisnis.com, JAKARTA - Asam lemak omega-3 tak jenuh dari ikan bisa menghalau amiolid-beta peptida, salah satu pemicu munculnya penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi dari Universitas Macau. 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal FASEB itu menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 tak jenuh bisa meningkatkan fungsi sistem glymphatic--berfungsi membersihkan "limbah" di otak, yakni zat kimia berbahaya sisa metabolisme tubuh saat beraktivitas. 

Bila limbah otak yang terdiri dari amiloid-beta dan protein menumpuk maka bisa memicu perkembangan penyakit Alzheimer, parkinson, dan gangguan neurologis lainnya. 

Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti mengggunakan tikus transgenik sebagai objek ujicoba, untuk menyelidiki efek dari asam omega-3 tak jenuh pada fungsi sistem glymphatic. 

Hasil percobaan menemukan bahwa pada terjadi peningkatan fungsi sistem glymphatic, termasuk amiloid-beta dari otak.

Sementara itu, pada tikus lain, peneliti memberikan minyak ikan kaya kandungan omega-3 dan menemukan peningkatan fungsi sistem glymphatik pada tikus itu. 

Omega-3 membantu mempertahankan homeostasis otak--kemampuan tubuh beradaptasi dengan lingkungan internal dan eksternal yang senantiasa berubah. Kemampuan ini berperan menghalau sejumlah penyakit neurologis, seperti penyakit Alzheimer, cedera otak traumatis, dan tidur gangguan, antara lain. Demikian seperti dilansir Indian Express. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper