Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tugas Pj Gubernur Jabar Diperpanjang, Bey Fokus Benahi 4 Hal

Bey Machmudin kembali menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat selama 6 bulan ke depan.
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kedua kiri)
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kedua kiri)

Bisnis.com, BANDUNG--Bey Machmudin kembali menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat selama 6 bulan ke depan.

Bey mengatakan perpanjangan masa jabatan ini merupakan tugas berat. Bahkan lebih berat dibanding setahun kebelakang memimpin Jawa Barat. "Sekarang lebih berat buat saya dibanding 1 tahun yang lalu," katanya, Kamis (5/9/2024).

Menurutnya memimpin Jabar hingga dilantiknya Gubernur Jabar definitif Maret 2025 mendatang memberikannya dua pilihan.

"Pilihannya mau membangun Jabar atau hanya sekedar cari jabatan," ujarnya.

Namun, Bey memastikan akan menggenjot 4 hal pokok di sisa 6 bulan terakhir jabatannya. Pertama, menanamkan fondasi birokrasi dimana dia memastikan kinerja ASN Pemprov Jabar bisa diandalkan oleh gubernur definitif mendatang.

Kedua, menekan rasio gini meski Maret 2024 lalu tercatat mengalami penurunan. Ketimpangan pengeluaran penduduk Jawa Barat Maret 2024 tercatat sebesar 0,421. 

Angka ini mengalami penurunan sebesar 0,004 poin jika dibandingkan dengan rasio gini Maret 2023 yang sebesar 0,425 namun meningkat 0,009 poin dibandingkan dengan Gini Ratio September 2022 yang sebesar 0,412.

"Ketiga, menekan angka pengangguran," ujarnya.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi pihaknya adalah tingginya tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang mencapai 6,91%  (data per Februari 2024) sementara Pemprov Jabar menargetkan pada 2024 ini menjadi 5,19%.

Terakhir, yang akan menjadi fokusnya adalah urusan ketahanan pangan lewat pemberdayaan BUMD Agro Jabar. "Itu yang pokok," pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menerima Keputusan Presiden RI tentang perpanjangan masa jabatan sebagai Penjabat Gubernur. 

Bey Machmudin menerima langsung Keputusan tersebut dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024) sore. 

Selain Bey Machmudin, terdapat empat Penjabat (Pj) Gubernur lainnya yang menerima Keputusan serupa, yaitu Pj Gubernur Kalimantan Barat, Pj Gubernur Jawa Tengah, Pj Gubernur Bali, dan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara. 

Bey Machmudin resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Jabar usai dilantik Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, pada 5 September 2023. 

Bey menggantikan Gubernur Jabar definitif periode 2018- 2023 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang habis masa tugasnya di tanggal yang sama. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper