Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar 2024: KPU Jabar Masih Sepi, PDIP Batal Boyong Anies?

Rencana PDIP mendaftarkan pasangan calon pada pukul 19:00 pun kemungkinan akan mundur mengingat pendaftaran masih akan dibuka hingga 23:59 WIB.
Suasana di sekitar Gedung KPU Jabar pada Kamis sore.
Suasana di sekitar Gedung KPU Jabar pada Kamis sore.

Bisnis.com, BANDUNG—Rencana PDIP dan PKB mengusung calon berbeda untuk mendaftar di Pilgub Jabar 2024 belum tampak di KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Kamis (29/8/2024).

Kabar jika PKB akan mendaftarkan pasangan calon pada pukul 17:00 WIB akhirnya hanya sekedar kabar, mengingat tidak ada aktivitas apapun yang menunjukkan partai tersebut akan mendaftar. Hingga pukul 18.30, tak ada tanda-tanda kemeriahan. 

“Tampaknya kedua partai masih alot,” kata salah seorang komisioner KPU Jabar kepada Bisnis.

Menurutnya rencana PDIP mendaftarkan pasangan calon pada pukul 19:00 pun kemungkinan akan mundur mengingat pendaftaran masih akan dibuka hingga 23:59 WIB.

Bendahara DPD PDIP Ineu Purwadewi pun hanya tertawa ketika ditanya alotnya pasangan calon yang akan diboyong oleh PDIP ke kantor KPU Jabar. “Heheh,” katanya via pesan instan kepada Bisnis.

PDIP dan PKB kemungkinan akan mendaftar injury time, mengingat tidak akan ada waktu perpanjangan pendaftaran. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan tidak memberikan perpanjangan masa pendaftaran paslon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jabar pada Kamis (29/8/2024) ini. Pendaftaran pasangan calon Pilgub Jabar 2024 tetap akan ditutup pukul 23:59 WIB. 

Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni mengatakan jika mengacu pada aturan berlaku, perpanjangan waktu pendaftaran bisa dilakukan. Hanya saja, harus ada beberapa alasan atau dalam kondisi khusus. 

"Iya itu secara aturan diperbolehkan. Ada aturan memang PKPU pencalonan kalau ada perpanjangan jika tidak ada yang mendaftar. Bukan perpanjangan,” katanya.

Sebelumnya, pihak KPU Jabar yang mengabarkan rencana PKB mendaftarkan pasangan calon pada Kamis (29/9/2024) sore ini. “Jam 5 PKB daftar sendiri,” kata Ketua Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia, Kamis (29/8/2024).

Namun pihak KPU tidak memastikan nama calon pasangan yang akan diusung PKB di Pilgub Jabar ini. Sebelumnya, pihak KPU mengkonfirmasi jika PDIP-PKB akan mendaftarkan calonnya pada pukul 19.00 WIB malam ini. Namun dalam hitungan jam, informasi itu kini berubah.

Sebelumnya PKB mengadang-gadang Acep Adang Ruhiyat yang merupakan Ketua Dewan Syura PKB Jabar. Kemudian rumor beredar Sandiaga Uno bakal maju meski hal ini sudah dibantah oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut. 

Kita tunggu saja.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper