Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar 2024: KPU Pastikan Koalisi PDIP-PKB Mendaftar Pukul 7 Malam, Jadi Usung Anies?

Beredar rumor bahwa PDIP akan mengusung Anies Baswedan dengan Ono Surono. PKB pun sempat mengapungkan wacana mengusung Sandiaga Uno.
Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono
Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono

Bisnis.com, BANDUNG—Teka-teki majunya PDIP dan PKB di kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024 pelan-pelan mulai terkuak.

Dua partai tersebut dipastikan akan mendaftar di hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon Pilgub Jabar 2024 ke KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Kamis (29/8/2024).

Ketua Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia mengkonfirmasi rencana pendaftaran tersebut. “Pendaftaran Cagub-Cawagub PDIP-PKB dimundurkan ke jam 19.00 WIB,” katanya.

Awalnya beredar kabar jika pasangan yang diusung kedua partai tersebut akan mendaftar dan memberikan kejutan pada Pukul 15.00 sore ini.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono melalui keterangan resminya memastikan turut serta dalam kontestasi. Pihaknya masih merahasiakan nama siapa jagoan yang akan diusung, agar memberikan efek kejut.

“Jabar adalah wilayah yang besar dengan hak pilih yang terbesar di Indonesia, DPP PDI Perjuangan saat ini masih menggodog Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dengan sangat cermat dan hati-hati untuk menghasilkan pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah di Jawa Barat,”katanya.

Selain itu, Ono menjelaskan untuk pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung adalah figur yang akan memberikan kejutan untuk rakyat Jawa Barat. 

"Sehingga figur tersebut adalah figur yang akan diterima oleh rakyat Jawa Barat walau yang bersangkutan bisa saja bukan merupakan Kader PDI Perjuangan dan perpaduannya bisa saja dari partai lain," jelasnya. 

Ono memastikan, paslon yang akan diusung nantinya akan datang ke KPU Jawa Barat untuk menyerahkan berkas pendaftaran di akhir penutupan.  

"Mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa mendaftarkan hari Kamis di detik-detik terakhir pendaftaran. Mohon doa dari rakyat Jawa Barat," katanya. 

Sebelumnya, informasi PDIP-PKB akan mengusung Ono Surono-Acep Dadang Ruhiyat masih belum jelas karena pihak DPD PDIP Jawa Barat belum memberikan informasi yang resmi. 

Sementara di sosial media, mulai beredar rumor bahwa PDIP akan mengusung Anies Baswedan berpasangan dengan Ono Surono. PKB pun sempat mengapungkan wacana mengusung Sandiaga Uno untuk diusung di Pilgub Jabar 2024. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper