Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal WJIS dari Tahun ke Tahun

WJIS merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh DPMPTSP Jawa Barat dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (kiri) dalam salah satu rangkaian event menjelang WJIS 2024
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (kiri) dalam salah satu rangkaian event menjelang WJIS 2024

Bisnis.com, BANDUNG--West Java Investment Summit (WJIS) kembali digelar pada 2024 ini dengan tujuan utama menarik minat investor baik domestik maupun internasional untuk menanamkan modal mereka di Jawa Barat. 

WJIS merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. 

Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2019, dengan mengusung tema yang berbeda-beda sesuai dengan arah pembangunan Jawa Barat. 

Kegiatan WJIS juga menampilkan berbagai proyek yang siap ditawarkan kepada investor dalam dan luar negeri, dari berbagai sektor unggulan di Jawa Barat.  

Lebih dari sekadar ajang promosi proyek investasi, WJIS juga berfokus pada mendorong isu-isu pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. 

Melalui WJIS, Jawa Barat berharap dapat memperluas jangkauan investasi, memperkuat daya saing regional, dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi di tingkat nasional dan internasional.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2019, kolaborasi antara Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat telah menjadikan WJIS sebagai ajang penting dalam menarik arus investasi untuk masuk ke Jawa Barat. 

Setiap tahun, WJIS tidak hanya berhasil menarik minat investor lokal dan asing, tetapi juga menegaskan posisi Jawa Barat sebagai destinasi utama investasi di Indonesia.

WJIS sejak 2019 telah menjadi ajang penting dalam menarik investasi, dengan berbagai proyek strategis diperkenalkan setiap tahunnya. 

Pada WJIS 2019, partisipasi tinggi dari investor asing dan domestik mencerminkan kepercayaan besar terhadap potensi Jawa Barat.

Meskipun pandemi COVID-19 melanda, WJIS 2020 tetap digelar secara virtual, menyesuaikan fokus pada sektor-sektor penting seperti kesehatan, infrastruktur digital, dan energi terbarukan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Pada tahun 2021, tema WJIS beralih pada pemulihan ekonomi berkelanjutan dan inovasi teknologi, sementara tahun 2022 menekankan kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta, terutama dalam proyek energi terbarukan dan pengembangan kawasan industri hijau. 

Di tahun 2023, minat dari investor internasional, terutama dari Asia Timur dan Eropa, semakin meningkat, memperkuat posisi Jawa Barat sebagai tujuan investasi global.

WJIS 2024 kembali hadir dengan mengusung tema “Unleashing West Java Invesment Potencies”, dengan mengusung tema tersebut Jawa Barat berupaya untuk mengoptimalkan seluruh potensi dan peluang investasi yang dimiliki oleh Jawa Barat.  


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper