Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2023: Dukung Investasi Jabar, BI Komitmen Implementasikan 3 Kebijakan Inti

WJIS merupakan wujud komitmen Bank Indonesia Jawa Barat dalam membantu pemerintah daerah mengelola persepsi investor, membuka potensi investasi.
Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung (kiri) bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung (kiri) bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG BARAT -- Bank Indonesia berkomitmen untuk mengimplementasikan tiga kebijakan inti di sektor moneter, makroprudensial, dan pasar uang dalam upaya memperlancar investasi melalui kantor perwakilan di dalam negeri, membentuk unit khusus yang dinamakan Regional Investor Unit (RIRU).

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan realisasi investasi di tanah air yang tengah bergeliat. Salah satunya dari gelaran West Java Investment Summit (WJIS) yang rutin dihelat Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"WJIS merupakan wujud komitmen Bank Indonesia Jawa Barat dalam membantu pemerintah daerah mengelola persepsi investor, membuka potensi investasi, dan mengurangi informasi asimetris untuk meningkatkan realisasi investasi di Jawa Barat," jelasnya di Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/8/2023). 

Komitmen tersebut kata dia telah berhasil mendukung Jawa Barat menjadi provinsi destinasi utama sekaligus mencatatkan realisasi investasi tertinggi di Indonesia secara konsisten dalam lima tahun terakhir. 

Secara umum, Juda Agung mengatakan Indonesia merupakan tempat yang sangat prospektif bagi investor untuk berinvestasi. 

Hal tersebut didukung dengan kondisi jangka pendek diantaranya stabilitas internal dan eksternal, pertumbuhan ekonomi yang tumbuh prospektif, tingkat inflasi yang stabil dan terjaga, serta dukungan kebijakan fiskal yang pruden dan akomodatif. 

Selain itu dalam jangka panjang, prospek investasi juga didukung dengan reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja, bonus demografi yang produktif, implementasi digitalisasi yang inklusif hingga pertumbuhan ekonomi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Berbagai hal positif tersebut, menempatkan Indonesia menjadi negara yang masuk dalam kategori positif dengan rating yang stabil di BBB+, atau berada di 2 level diatas tingkat minimum standar investasi. 

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi dan Infrastruktur Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper