Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.505 Orang Lakukan Pendakian di Gunung Ciremai Selama Libur Kemerdekaan

Berdasarkan catatan BTNGC, pada 15-18 Agustus 2024, tercatat ada 1.505 orang yang melakukan pendakian di gunung tersebut.
Gunung Ciremai/Antara.Khaerul Izan
Gunung Ciremai/Antara.Khaerul Izan

Bisnis.com, KUNINGAN - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) menyebutkan terjadi peningkatan jumlah pendaki di Gunung Ciremai selama periode libur HUT ke-79 RI.

Berdasarkan catatan BTNGC, pada 15-18 Agustus 2024, tercatat ada 1.505 orang yang melakukan pendakian di gunung tersebut. Jumlah pendaki terbanyak ada pada Sabtu (17/8/2025) dengan total mencapai 837 orang.

Sementara, jumlah pendaki paling rendah terjadi pada Minggu (18/8/2024) dengan total 49 orang.

Sebagian besar pendaki yang melakukan pendakian di atap tertinggi Jawa Barat ini, memilih Jalur Apuy untuk mencapai puncak. Tercatat, sebanyak 772 orang melintasi jalur di wilayah Kabupaten Majalengka itu.

Humas Promosi dan Pemasaran Balai TNGC Ady Sularso mengatakan, lonjakan ini disebabkan oleh antusiasme masyarakat yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang berbeda, yaitu mendaki gunung. 

Antusiasme tersebut terlihat mulai terjadi pada 16 Agustus 2024, di mana ribuan pendaki sudah mulai berdatangan ke pos pendakian Palutungan, Linggajati, Sadarehe, dan Apuy.

"Kami sudah memprediksi adanya peningkatan jumlah pendaki selama libur Hari Kemerdekaan, sehingga berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk penambahan personel pengamanan dan fasilitas pendukung di jalur pendakian," kata Ady, Senin (19/8/2024).

Selain itu, pihak Balai Taman Nasional juga memastikan bahwa setiap pendaki yang masuk ke area konservasi ini telah memenuhi persyaratan pendakian, termasuk membawa surat kesehatan dan melengkapi diri dengan peralatan pendakian yang memadai.

Gunung Ciremai, yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut, menjadi salah satu tujuan favorit pendaki, terutama saat momen-momen spesial seperti Hari Kemerdekaan. 

Dari puncaknya, pendaki dapat menikmati pemandangan alam yang memukau, serta menyaksikan bendera Merah Putih berkibar di atas puncak tertinggi Jawa Barat.

Salah satu pendaki, Rini Suryani mengaku telah merencanakan pendakian ini sejak bulan Juli. "Mendaki Gunung Ciremai saat Hari Kemerdekaan punya makna tersendiri bagi saya. Di sini, saya bisa merasakan suasana kebersamaan dan semangat nasionalisme di puncak tertinggi Jawa Barat," ujarnya.

Seperti Rini, banyak pendaki lainnya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya dari luar negeri. 

Mereka tidak hanya ingin menaklukkan puncak Ciremai, tetapi juga merayakan kemerdekaan Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak setinggi 3.078 meter di atas permukaan laut itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper