Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Bandung Akan Bentuk Klasterisasi Komoditas Pangan hingga Buat Rumah Produksi

Pemkab Bandung berencana membuat klasterisasi komoditas pangan antar daerah. Nantinya di dalam setiap klaster produsen pangan, akan dibentuk rumah produksi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kabupaten Bandung berencana membuat klasterisasi komoditas pangan antar daerah. Nantinya di dalam setiap klaster produsen pangan, akan dibentuk rumah produksi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ningning Hendasah kepada Bisnis belum lama ini.

Ningning mengatakan visi yang dicetuskan oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna ini dilakukan untuk mengoptimalkan produksi pangan.

“Jadi nanti beberapa daerah yang memproduksi komoditas yang sama, akan digabungkan dan ujungnya akan ada rumah produksi,” ungkap Ningning.

Kabupaten Bandung sendiri aku Ningning, memiliki banyak komoditas unggulan yang diproduksi dalam jumlah yang besar. Bahkan banyak di antarnya didistribusikan ke luar daerah.

Seperti bawang merah, cabai, padi, sayuran hingga kopi menjadi komoditas unggulan yang banyak ditemukan di daerahnya. “Nanti ada klaster tanaman pangan, hingga ada juga klaster peternakan,” ungkapnya.

Ia juga saat ini tengah memutakhirkan data pertanian agar persoalan yang terjadi di lapangan bisa diselesaikan secara tepat dan cepat.

“Nanti akan dibuat dalam satu aplikasi, masterplan 2024 ini untuk prasarana irigasi, jalan usaha tani hingga alat-alat pertanian akan dalam satu aplikasi,” ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper